Bumi Sanggam

Sambut Hasil Panen Melalui Aruh Adat Baharin, Ketua DAD Balangan: Wujud Rasa Syukur

Masyarakat Adat Dayak Halong adakan Aruh Adat Baharin untuk menyambut hasil panen atau syukuran, di Balai Adat Turunan Payungan Raya

Sambut Hasil Panen Melalui Aruh Adat Baharin, Ketua DAD Balangan: Wujud Rasa Syukur
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Bupati Balangan, H Ansharuddin berhadir pada kegiatan budaya aruh adat baharin di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Masyarakat Adat Dayak Halong adakan Aruh Adat Baharin untuk menyambut hasil panen atau syukuran, di Balai Adat Turunan Payungan Raya, Desa Wisata Budaya Kapul, Kecamatan Halong, Minggu (27/10/2019) kemaren.

Ketua Dewan Adat Dayak Balangan, Mandan, mengatakan terkait kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat Adat Dayak Halong atas apa yang telah mereka dapatkan.

"Kegiatan Aruh Baharin ini pada dasarnya adalah perwujudan rasa syukur masyarakat adat dayak atas rezeki, kesehatan, dan kesejahteraan yang mereka capai," ucapnya.

Mandan menambahkan, kegiatan Aruh Adat Baharin ini biasa dilaksanakan setiap bulan Oktober, serta untuk pelaksanaan kelompok Baharin ini minimal melaksanakan lima tahun sekali dalam satu kelompok.

"Biasanya dilaksanakan setiap bulan Oktober, dan setiap kelompok pelaksanaan Baharin melaksanakan minimal lima tahun sekali dalam satu kelompok," katanya.

Lanjutnya, Mandan menjelaskan bahwa dalam ritual Adat Dayak Halong ini memiliki beberapa tahapan yang harus dilaksanakan.

"Kegiatan ritual Adat Dayak Halong itu ada tahapan-tahapan, dari yang paling kecil hingga yang paling besar seperti Aruh Adat Baharin ini, selamatan kampung, syukuran hasil panen dilaksanakan hanya 1 hari 1 malam saja," tambahnya.

Aruh Adat Baharin ini pun juga telah ditetapkan sebagai warisan wisata budaya sejak tahun 2008.

Bupati Balangan, Ansharuddin juga berhadir dalam kegiatan tersebut. Kedatangannya disambut warga yang sudah menyiapkan perayaan.

Bersama masyarakat, Ansharuddin pun terlihat berinteraksi. Ia juga nampak didampingi oleh Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni beserta jajaran dan Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi.(AOL/*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved