Saraba Kawa

Berikan Pelatihan Tenaga Kerja, Pemkab Tabalong Tingkatkan Kualitas SDM Ciptakan Wirausaha Baru

Pemerintah Kabupaten Tabalong terus berupaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan warga Tabalong.

Berikan Pelatihan Tenaga Kerja, Pemkab Tabalong Tingkatkan Kualitas SDM Ciptakan Wirausaha Baru
Pemkab Tabalong
Berbasis Asisten Adminitrasi Pemkab Tabalong, Aberani Abberar membuka pelatihan berbasis komputer 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pemerintah Kabupaten Tabalong terus berupaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan warga Tabalong. Melalui program yang dilakukan dengan berbagai jenis pelatihan.

Dalam Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ini diikuti oleh 80 peserta. Materi yang diberikan dengan lima program jurusan antara lain, PHP (Pengolah Hasil Pertanian), operator menjahit pakaian dasar, instalasi penerangan, instalasi tenaga, dan las SMAW 3G.

Kepala Disnaker Tabalong Syaiful Ikhwan, mengatakan saat ini Pemerintah Daerah berupaya untuk meningkatkan jumlah wirausaha baru.

“Jadi ini memberikan keahlian, keterampilan terhadap para pencari kerja kita yang ada di Tabalong,” ujar Syaiful.

Dilaksanakannya pelatihan juga untuk memberikan kemampuan kerja kepada masyarakat yang membutuhkan keterampilan dan keahlian yang kompeten di berbagai bidang.

“Jika lulus peserta akan mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) yang didukung pemerintah dan denganbitu bisa dijadikan modal untuk mendirikan usaha atau melamar pekerjaan,” katanya.

PBK ini juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Tabalong untuk menanggulangi pengangguran.

Sementara itu, Bupati Tabalong yang diwakili Aberani Abberar selaku Asisten Adminitrasi mengatakan kegiatan PBK dapat menyiapkan masyarakat yang mempunyai kemampuan dalam keterampilan kerja menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah, swasta, ataupun diri pribadi.

“Dengan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan warga bisa mendirikan usaha baru dan mampu menciptakan peluang kerja, baik bagi diri sendiri maupun masyarakat lainnya,” ujarnya. (aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved