Berita Banjarmasin

Musim Depan Liga 2 PSSI Wajib Ada U-18, Martapura FC Akan Fokus Cari Talenta Muda Lokal

Martapura FC yang saat ini masih berjuang lolos ke Liga 1 2019 dengan masuk ke babak delapan besar sangat siap dengan aturan tersebut.

Musim Depan Liga 2 PSSI Wajib Ada U-18, Martapura FC Akan Fokus Cari Talenta Muda Lokal
istimewa
Suasana pertandingan Persiba Balikpapan vs Martapura FC berlangsung panas berbuntut hingga ke luar lapangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada aturan baru bagi klub anggota Liga 2, mulai musim 2020 PSSI akan mewajibkan klub untuk memiliki tim U-18. Klub Liga 2 yang tidak memiliki tim dimaksud tidak bisa promosi ke Liga 1.

Martapura FC yang saat ini masih berjuang lolos ke Liga 1 2019 dengan masuk ke babak delapan besar sangat siap dengan aturan tersebut.

Jika nanti gagal lolos ke liga 1 dan bertahan di liga 2, tim Laskar Sultan Adam bakal menyiapkan tim muda di kompetisi Liga 2 U-18.

"Saya sudah mendengar hal itu. Sangat bagus namun kita tunggu regulasi resminya," kata pelatih Martapura FC, Frans Sinatra Huwae.

Baca: Pelatih Barito Putera dan Martapura FC Diminta Tangani Tim PraPON Sepakbola Kalsel

Legenda Barito Putera yang pernah membela timnas pelajar Indonesia ini menambahkan jika regulasi tersebut menang harus ditetapkan, pihaknya akan segera mempersiapkan perencanaannya.

Frans menambahkan, jika aturan tersebut sudah ditetapkan oleh PSSI, pihaknya akan mencari talenta-talenta muda dan berbakat dari kabupaten Banjar.

"Saya sih inginnya Martapura FC U-18 nanti hanya diisi pemain lokal daerah. Sebab banyak pemain muda kualitas yang juga butuh kompetisi," kata Frans.

Frans juga berharap manajemen sependapat dengan apa yang dia utarakan sebab dengan lebih mengandalkan pemain daerah maka bakal bermunculan bibit bibit pemain berbakat.

"Baiknya juga akan berkeliling menggelar seleksi untuk mencari talenta-talenta yang sesuai umur U-18,” ujar pria kelahiran Amuntai Hulu Sungai Utara ini.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria menegaskan kalau sistem promosi ke Liga 1 akan disesuaikan dengan pemenuhan syarat National Club Licensing System.

Baca: Hasil Akhir Bali United vs Barito Putera : Skor Akhir 3-2, Bali di Puncak Klasemen Liga 1 2019

Namun, PSSI diakui Ratu Tisha tak akan menerapkan itu pada musim 2020 tetapi mulai 2021. Salah satu syarat dari National Club Licensing System adalah pembentukan tim U-16, U-18, dan U-20 serta tambahan yang baru tim putri.

Artinya klub Liga 2 memenuhi persyaratan awal National Club Licensing System. Pada musim 2021, klub juara, runner-up, dan peringkat tiga Liga 2 belum tentu bisa promosi.

Sebab, status promosi ditentukan banyak syarat yang ada dalam aturan National Club Licensing System.

 ”Yang akan promosi nanti, klub itu memang sudah mendapatkan lisensi nasional dari aturan itu,” ujar Ratu Tisha.
(Banjarmasin post/khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved