Berita Banjarbaru

Prodia dan Kedokteran ULM Sepakat Lanjutkan Kerja Sama Bidang Penelitian dan Pendidikan

Prodia kembali menandatangani perjanjian kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) di bidang penelitian

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Wakil Dekan Bidang Akademik FK ULM dr Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F.,SH.dan AVP Clinics & Referral Lab Services (RLS), Dr. Lies Gantini, M.Si., selaku perwakilan PT. Prodia Widyahusada, Tbk. Memaraf Perjanjian kerjasama antara Kodekteran ULM dan Prodia Widyahusada, Tbk di Aula Kampus Kedokteran ULM, Selasa (29/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Prodia kembali menandatangani perjanjian kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (FK ULM) di bidang penelitian dan pendidikan, khususnya laboratorium klinik.

Perpanjangan kerja sama dilakukan di Kampus FK ULM, Selasa (29/10/2019).

Dalam acara ini hadir Wakil Dekan Bidang Akademik FK ULM dr Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F.,SH.dan AVP Clinics & Referral Lab Services (RLS), Dr. Lies Gantini, M.Si., selaku perwakilan PT. Prodia Widyahusada, Tbk.

Kepada Banjarmasinpost.co.id, Dr. Lies Gantini, M.Si. menjelaskan Prodia telah menjalin kerja sama dengan FK ULM sejak tahun 2016.

Bentuk kerja sama Prodia dengan FK ULM, yaitu transfer of knowledge dalam bentuk penelitian terkait faktor kritis pada tahap pre-analitik, analitik dan post-analitik suatu pemeriksaan, tren biomarker terbaru untuk penelitian (diabetes mellitus, aterosklerosis, kanker, hematologi, penyakit infeksi, ginjal, hipertensi, dan lain-lain), dan metodologi penelitian (pemilihan uji hipotesis/ statistik); kemudian penyedia narasumber dalam bidang manajemen laboratorium klinik (pengendalian dan pemantapan mutu, proses akreditasi ISO, manajemen laboratorium); sebagai dosen tamu dalam mata kuliah terkait laboratorium kedokteran, biomedik dan patobiologi suatu penyakit (biologi molekular, stem cell); program magang untuk mahasiswa; serta melakukan kolaborasi penelitian.

Baca: Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW Jelang Datangnya Rabiul Awal 9 November Nanti

Baca: Balasan Menohok Shireen Saat Zaskia Sungkar & Irwansyah Diejek Soal Anak, Medina Zein Beri Sanggahan

Baca: Cek Formasi CPNS Pemerintah Pusat Jelang Pendaftaran CPNS 2019 via Link Sscasn.bkn.go.id

AVP Clinics & RLS PT Prodia Widyahusada Tbk ini mengatakan, kerja sama terlaksana sebagai upaya mewujudkan salah satu visi Prodia sebagai Centre of Excellence.

“Kami berkomitmen untuk selalu menjalankan visi kami sebagai Centre of Excellence dengan mendukung berbagai penelitian kedokteran dan ilmu biomedik untuk tujuan akademis, studi epidemiologi, dan publikasi ilmiah. Untuk semakin memperluas dukungan dalam bidang penelitian, Prodia membangun jejaring dengan fakultas kedokteran terkemuka di lndonesia melalui penandatanganan kerja sama penelitian dan pendidikan, salah satunya dengan FK ULM,” jelas Lies.

Masih dia, jika kemudian dosen atau mahasiswa yang memerlukan studi baru namun keberadaan di jejaring Prodia di luar Kalimantan maka Prodia tetap akan memberikan izin karena sifatnya ini keseluruhan.

Diharapkan Lies Gabtini, program kerja sama ini dapat saling memperkuat dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam bidang kesehatan dan mendapatkan tambahan ilmu pendidikan, khususnya di bidang laboratorium klinik.

Prodia maupun FK ULM berharap melalui perpanjangan kerja sama ini, hubungan baik dapat terus terjalin dan menciptakan kolaborasi riset kedua pihak untuk meningkatkan penelitian khususnya di bidang kedokteran biomedik.

Dijelaskannya, Prodia telah mendukung penelitian sejak tahun 1991, hingga saat ini Prodia telah membantu 3.677 penelitian serta mengerjakan 445 pemeriksaan baru untuk kebutuhan riset.

Prodia juga telah menjalin kerja sama dengan 34 universitas ternama di Indonesia yang terdiri dari 33 Fakultas Kedokteran, 1 Institusi Sains dan Teknologi & 1 Fakultas Farmasi serta 1 lembaga riset yaitu Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Seluruh kerja sama ini ditujukan untuk meningkatkan kegiatan penelitian dan pendidikan khususnya di bidang kedokteran biomedik di Indonesia.

Tidak hanya itu, Prodia juga telah menyediakan sumber informasi terkini mengenai perkembangan ilmu kedokteran dan laboratorium bagi dokter, peneliti, akademisi serta masyarakat umum melalui Forum Diagnosticum, Info Laboratorium, The Indonesian Biomedical Journal, seminar, diskusi ilmiah, hingga penyuluhan kesehatan.

Sejalan dengan misi Transforming Towards Reliable Next Generation Health Care, Prodia juga mengembangkan Laboratorium Patologi Anatomi dan berbagai pengembangan pemeriksaan, antara lain mengembangkan pemeriksaan berbasis genetik, yaitu Prodia Genomics.

Pemeriksaan Genomik yang dikembangkan diantaranya NIPT-Prosafe untuk mengetahui risiko kelainan kromosom pada janin, Carisk untuk mengetahui faktor risiko terhadap kanker, DIArisk untuk menilai risiko seseorang terhadap penyakit diabetes, Prodia Nutrigenomics untuk mengidentifikasi asupan nutrisi dan jenis olahraga yang sesuai, serta yang terbaru yakni Vascular risk.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FK ULM dr Iwan Aflanie, M.Kes, Sp.F.,SH menyambut baik kerjasama menambah ULM dalam bermitra terutama di bidang penelitian.

"Tentu kerjasama ini akan mempermudah kami di ULM untuk menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi. Selama ini sudah banyak hasil penelitian yang didapatkan melalui kerjasama dengan klinik Prodia," sebutnya.

(banjarmasinpost.co.id /lis/*)

  • Berita Terkait :#Berita Banjarbaru
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved