Tips Sehat

8 Tips Olahraga yang Efektif Bikin Badan Bugar, Cara Berolahraga Hanya 15 Menit

sebenarnya kebugaran bisa didapat tanpa harus olahraga berjam-jam tapi cukup hanya 15 menit, itulah tips olahraga yang efektif

8 Tips Olahraga yang Efektif Bikin Badan Bugar, Cara Berolahraga Hanya 15 Menit
pixabay.com/shutterstock
Berikut ini adalah Tips Olahraga yang Efektif Hanya 15 Menit Bikin Badan Bugar. 

Training specialist dari aplikasi fitness Freeletics, David Wiener berbagi tip olahraga yang efektif dalam 15 menit mencapai kebugaran

BANJARMASINPOST.CO.ID - Adakah olahraga yang efektif hanya 15 menit tapi bia bikin badan sehat dan bugar? Ya, ternyata ada. Bahkan, sebenarnya kebugaran bisa didapat tanpa harus olahraga berjam-jam tapi cukup hanya15 menit, itulah tips olahraga yang efektif.

Tidak sembarang orang yang menyatakan olahraga yang efektif dapat dicapai dalam 15 menit. Diantaranya adalah pelatih kebugaran bahkan Pelayanan Kesahatan Nasional (NHS) Inggris.

Berikut ini tips olahraga yang efektif hanya 15 menit tapi badan menjadi bugar dan sehat, tips dari Training specialist dari aplikasi fitness Freeletics, David Wiener.

1. Tips Olahraga yang Efektif pertama adalah merencanakan olahraga.

Tips Olahraga yang Efektif , cara terbaik untuk memanfaatkan sedikit waktu dengan menggunakannya secara bijak dengan merencanakan latihan. Aplikasi fitness bisa membimbingmu melakukan latihan yang dirancang untuk target individual dan berapa lama bisa melakukan latihan.

2. Meminimalisasi gangguan.

Adapun tips olahraga efektif yang kedua yakni mengurangi gangguan dan fokus pada tugas yang dijalani. Bisa dengan cara berolahraga sendiri sambil mendengar lagu-lagu yang memotivasi. Dapat pula mematikan notifikasi ponsel sehingga kita tidak tergoda untuk membuka pesan masuk di tengah latihan. Memperpendek waktu istirahat sehingga tidak menghabiskan waktu.

3. Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT).

HIIT dikenal sebagai jenis latihan terbaik untuk mendapatkan hasil efisien dalam waktu singkat. Latihan HIIT baik untuk meningkatkan level kebugaran, membakar kalori, dilakukan dalam periode aktivitas fisik yang intens dan minimal waktu istirahat, sehingga pemulihan tubuh bisa cepat dilakukan sebelum intensitas kembali naik. Cara ini juga membangun ketahanan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Coba manfaatkan beban tubuh.

Latihan beban tubuh sangatlah efektif dan kita tidak memerlukan alat apapun untuk berolahraga. Tidak perlu membuang waktu untuk menunggu mesin atau beban yang tidak digunakan di gym. Bisa memangkas waktu, memilih latihan yang paling cocok denganmu dan melakukannya di mana pun.

5. Sebaiknya beri batasan waktu.

Ketika memberi target waktu adalah cara yang baik untuk memaksimalkan waktu olahragamu. Pastikan setiap detiknya bermanfaat. Jika olahragamu memerlukan waktu lebih, beri batasan waktu dan berpaculah dengan waktu tersebut. Ini akan membuat latihanmu menjadi lebih efisien.

6. Jangan lupa maksimalkan pemanasan.

Pemanasan sebelum olahraga sangat penting karena membantu mencegah cedera dan mempersiapkan tubuh untuk menjalani latihan. Pemanasan berlangsung selama 5-10 menit, namun kita bisa mempersingkatnya dengan cara cerdas. Gunakan foam roller selama 2-3 menit diikuti dengan beberapa seri cepat dan dinamis gerakan mountain climber, jumping jack, arm dan leg lift, serta hip raises.

7. Lakukan superset.

Meski terdengar berat, namun superset asalah cara tepat untuk menghemat waktu dan mendapatkan hasil latihan yang efektif. Superset adalah ketika kita melakukan dua gerakan berbeda tanpa jeda. Memperpendek waktu istirahat juga bisa meningkatkan intensitas olahragaa. Lebih banyak gerakan dalam waktu singkat.

8. Bikin perencanaan cadangan.

Jika latihanmu menggunakan alat, tak ada yang menjamin alat-alat yang kita butuhkan akan selalu tersedia. Jadi, usahakan kamu punya rencana cadangan sebagai solusinya. Misalnya, jika kamu berencana menggunakan bench press namun sedang digunakan orang lain, kamu bisa push up menggunakan beban. Kamu juga bisa mengganti treadmill dengan cross trainer karena menawarkan gerakan mekanikal tubuh yang sama. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Olahraga Efektif dalam 15 Menit" 

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved