Public Services

Bayar Iuran BPJS dari Potongan Gaji Tapi Kartunya Tidak Aktif

Direksi BPJS Banjarmasin. Saya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil. Saya ingin mendaftarkan orangtua saya sebagai tanggungan BPJS saya

Bayar Iuran BPJS dari Potongan Gaji Tapi Kartunya Tidak Aktif
Kompas.com/ Luthfia Ayu Azanella
Ilustrasi BPJS Kesehatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Direksi BPJS Banjarmasin. Saya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil. Saya ingin mendaftarkan orangtua saya sebagai tanggungan BPJS saya yang dipotong 1 (satu) persen dari gaji.

Ketika saya datang ke Kantor BPJS Banjarmasin diberi penjelasan oleh petugas bahwa hal tersebut tidak berlaku lagi dengan alasan banyak kasus iurannya terpotong tapi kartunya tidak bisa aktif.

Apakah benar adanya hal tersebut? Bila benar sungguh sangat membuat saya kecewa dan tidak sejalan dengan program Pemerintah Menjamin Kesehatan Keluarga Abdi Negara dengan BPJS. Atas tanggapan dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. 085751836241

TANGGAPAN:
YTH. Pembaca Banjarmasin Post. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak/Ibu. Dapat kami sampaikan bahwa, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2019, anggota keluarga yang lainnya (tambahan) seperti anak ke 4 (empat) dan seterusnya, ayah, ibu dan mertua dapat didaftarkan sebagai keluarga tambahan peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN).

Besaran Iuran bagi anggota keluarga yang lain (tambahan) sebagaimana dimaksud yaitu sebesar 1 (satu) persen dari Gaji atau Upah Peserta PPU PN per orang per bulan dengan pembayaran kolektif melalui instansi.

Untuk proses pendaftaran anggota keluarga yang lain (tambahan), Pekerja dalam hal ini Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat mengajukan surat kuasa pemotongan gaji kepada pemberi kerja untuk pembayaran iuran yang akan diperhitungkan pada bulan berikutnya. Pendaftaran anggota keluarga lainnya (tambahan) PPU PPN dilakukan secara kolektif oleh Satker ke Kantor Cabang/Kantor Kabupaten BPJS kesehatan dengan membawa SPM Gaji. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Care Center 1500400 atau lewat aplikasi Mobile JKN. Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

JAHIDAH, Kabid SDMUKP BPJS Kesehatan Banjarmasin

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved