Berita Tanahlaut

Layanan Kemetrologian Kabupaten Tanahlaut Bakal Dioperasikan 2020

Meski telah siap dan lengkap namun peralatan masih dalam proses kalibrasi yang merupakan syarat wajib untuk melakukan tera.

Layanan Kemetrologian Kabupaten Tanahlaut Bakal Dioperasikan 2020
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Ruang Kemetrologian Diskoperindag Kabupaten Tanahlaut 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak 2016 metrologi Diskoperindag Kabupaten Tanahlaut Kalimantan Selatan terbengkalai. Dengan adanya unit metrologi harusnya Pemkab Tanahlaut bisa melakukan tera di semua SPBU di Tanahlaut dan di pasar.

Persiapan unit metrologi Diskoperindag Kabupaten Tanahlaut bahkan tergolong mapan. Pasalnya selain perlengkapan, gedung juga sudah disiapkan.

Memang ujar Kadiskoperindag Kabupaten Tanahlaut, H Syahrian Nurdin unit metrologi yang berada satu lingkungan dengan kantor Diskoperindag masih belum pernah dipakai. Padahal unit sudah ada sejak 2016.

"Iya sudah sejak 2016 tapi belum juga bis dimanfaatkan padahal bisa menjadi penyumbang PAD," sebutnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (30/10/2019).

Meski telah siap dan lengkap namun peralatan masih dalam proses kalibrasi yang merupakan syarat wajib untuk melakukan tera.

"Alatnya lengkap tapi masih terbatas jadi kami bakal minta tambahan anggaran di 2020 agar unit metrologi ini bisa digunakan," ujarnya.

Rencananya kelar Syahrian pihaknya akan meminta tambahan alat dan perlengkapan untuk tera ke SPBU di Tanahlaut yaitu mobil. Tak hanya itu tenaga petugas tera tambahnya juga masih satu orang.

"Masih satu orang yang ahli, jadi nanti akan kita tambah lagi petugasnya," sambungnya.

Jika dapat difungsikan di 2020 maka bukan tidak mungkin sebut Syahrian pihaknya bisa memenuhi target pendapatan Rp 300 juta setahun.

Dibandingkan saat ini pihaknya hanya memberi pendapatan ke pihak lain yaitu dari direktorat metrologi Bandung.

"Kalau bisa kita yang mentera sendiri kenapa harus diserahkan ke tempat lain," imbuhnya.

Saat ini pelayanan kemetrologian di Kalsel baru dilakukan oleh lima kabupaten kota.
Banjarmasinpost.co.id/Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved