Berita HST

Panen Besar Budidaya Ikan Papuyu Tunggu Dua Bulan Lagi di Pandawan, HST

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan temu lapang panen perdana ikan papuyu di pembudidaya ikan Pokdakan.

Panen Besar Budidaya Ikan Papuyu Tunggu Dua Bulan Lagi di Pandawan, HST
HO/Humas Polres HST
Panen ikan papuyu di Pandawan HST. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan temu lapang panen perdana ikan papuyu di pembudidaya ikan (Pokdakan) Waringin Baru Desa Walatung Kecamatan Pandawan Kabupaten HST, Rabu (30/10/2019).

Namun, tak semua ikan dipanen. Pasalnya berat tubuh ikan masih kurang dari target.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten HST, menarget berat tubuh ikam untuk satu kilogram sebanyak 10 ekor. Sayangnya, total ikan papuyu yang ditimbang baru 12 ekor.

Artinya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan masih perlu menggemukkan ikan sebelum panen dilakukan.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten HST, Adriani, jika pihaknya masih melakukan pengkajian terhadap budidaya ikan papuyu di HST. Apalagi, jenis budidaya ikan papuyu masih baru.

Baca: Selama Operasi Antik 2019 , Ditnarkoba Poida Tangkap 322 Tersangka, Sita 4,2 Kg Sabu

Dibeberkannya, untuk mendapat berat 12 ekor papuyu dalam satu kilogram pihaknya memerlukan delapan bulan perawatan ikan.

Delapan bulan ini termasuk pemijahan ikan. Apalagi, pada pembudidayaan kolam ikan air tawar jenis papuyu langsung dari larva ikan.

"Kami tidak ada pemijahan ikan maupun pemisahan," jelasnya.

Ke depan, rencananya pihaknya akan memilah papuyu jantan dan papuyu betina. Sebab, ikan papuyu yang mungkin gemuk dan besar hanya ikan betina. Sedangkan pejantan hanya memanjang.

Dibeberkannya, target ikan tawar pada 2019 ini untuk budidaya mencapai 2.240 ton. Meliputi ikan mas, nila, patin, tauman, lele, betok, dan ikan air tawar lainya. Dengan luasan keramba, kolam atau mina padi mencapai 101,98 hektare.

Halaman
123
Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved