Berita Tanahbumbu

Tanhabumbu Bakal Jadi 12 Kecamatan, Kusan Tengah dan Teluk Kepayang Jadi Kecamatan Baru

Pemkab Tanahbumbu akan menambah dua kecamatan. Dua kecamatan rencana tambahan yaitu Kecamatan Kusan Tengah dan Kecamatan Teluk Kepayang.

Tanhabumbu Bakal Jadi 12 Kecamatan, Kusan Tengah dan Teluk Kepayang Jadi Kecamatan Baru
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Tanahbumbu Kadri Mandar 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahbumbu akan menambah dua kecamatan. Dua kecamatan rencana tambahan yaitu Kecamatan Kusan Tengah dan Kecamatan Teluk Kepayang. Sebelumnya kabupaten ini memiliki 10 kecamatan.

Kedua kecamatan tersebut, rencana kecamatan Kusan Tengah nantinya dari pemekaran kecamatan Kusan Hilir, sedangkan kecamatan Teluk Kepayang pemekaran dari kecamatan Kusan Hulu.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Tanahbumbu Kadri Mandar kepada banjarmasinpost.co.id di ruang kerjanya, Rabu (30/10/2019).

Menurut Kadri rencana setelah pemekaran, untuk kecamatan Kusan Tengah ibukota berlokasi di Saring Sungaibinjai. Sama halnya kecamatan Teluk Kepayang sekaligus ibu kota kecamatan.

Baca: 8 Bangunan di Jalan Masjid Jami akan Diratakan, Salehuddin Lega, Risiko Kecelakaan Berkurang

"InshaAllah tambahan dua kecamatan ini, rencananya jadi 12 kecamatan. Masih rencana," kata Kadri kepada banjarmasinpost.co.id.

Terkait pemekaran dua kecamatan itu, saat ini sudah dalam tahapan melengkapi berkas. Bahkan, sudah bersurat ke Provinsi Kalsel terkait permohonan pemekaran.

"Proses pemekaran ini sudah tentu kita (kabupaten) didampingi oleh Provinsi melalui Biro Pemerintahan. Tanpa Biro Pemerintahan kita tidak boleh dengan sendirinya langsung ke Kemendagri," terang Kadri.

Selanjutnya melalui Biro Pemerintahan akan menyurati ke Kemendagri. Selain kabupaten (Tanahbumbu) diminta memaparkan terkait rencana pemekaran kecamatan.

"Sudah dilaksanakan pada dua minggu lalu. Dan, disampaikan langsung Pak Sekda (Sekretaris Daerah)," ucap Kadri kepada banjarmasinpost.co.id.

Kadri melanjutkan, rencana penambahan dua kecamatan, dianggap telah memenuhi syarat. Karena rencana pemekaran mulai dilakukan sejak 2009 silam.

Baca: KMP Bamega Docking, ASDP Bilang Tak Ada Kapal Pengganti Rute Sebuku-Pulau Laut, Ini Reaksi Kadishub

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved