Berita Banjar

18 Sekolah Ditetapkan Jadi Sekolah Model, Guru Khalil Berharap Jadi Contoh Bagi Sekolah Lain

Kadisdik Banjar mengungkap 18 sekolah di Kabupaten Banjar ditetapkan menjadi sekolah model dalam program gebyar sekolah model

18 Sekolah Ditetapkan Jadi Sekolah Model, Guru Khalil Berharap Jadi Contoh Bagi Sekolah Lain
Pemkab Banjar
APRESIASI - Bupati Banjar H Khalilurrahman (kiri) menerima Anugerah Pendidikan Indonesia dari IGI. Apresiasi ini diberikan atas keseriusan Bupati memajukan pendidikan di Bumi Barakat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Maidi Armansyah mengatakan, program sekolah model merupakan sebuah program yang bertujuan membangun sekolah melalui implementasi sistem penjaminan mutu internal sekolah dan beberapa sekolah untuk menjadi sekolah dalam menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri.

“Kegiatan Gebyar Sekolah Model merupakan puncak kegiatan sistem penjaminan multi internal di sekolah-sekolah. Jadi kita sudah mengusulkan sekolah sekolah, hingga akhirnya sebanyak 18 ditetapkan menjadi sekolah model, dan 3 sekolah menjadi sekolah imbas,” ucap Maidi.

Ditambahkannya, sebelumnya untuk mencapai itu, sekolah sekolah tersebut diberikan kegiatan, untuk meningkatkan kualitas, dalam rangka mencapaian 8 standar nasional Pendidikan.

Gebyar Sekolah Model Kabupaten Banjar telah digelar hingga 30 Oktober 2019 yang diikuti oleh 18 Sekolah Model dengan kegiatan ekspose hasil SPM Sekolah Model, lomba best practices Kepala Sekolah Model dan pentas seni karya dan keterampilan peserta didik, di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.

Baca: Tabung Gas Dibawa Penumpang Meledak, 65 Orang Tewas dalam Kebakaran Kereta di Pakistan

Baca: Menyerang Petugas dan Coba Kabur, Tersangka Kasus Sabu di Aceh Timur Ini Tewas Tertembak

Baca: 5 Fakta Video Syur Mirip Nagita Slavina yang Buat Raffi Ahmad Meradang, Serupa Gisella Anastasia?

Baca: Mertua Ahok BTP Disorot Saat Bareng Eks Mertua Veronica Tan Disorot, Puput Nastiti Devi Jualan Ini

Kegiatan Gebyar Sekolah Model dihadiri Bupati Banjar H Khalilurrahman. Bupati Banjar mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia berbasis Pendidikan, yang merupakan salah satu misi dari Pemerintah Kabupaten Banjar dalam rangka menuju Kabupaten Banjar yang Sejahtera Dan Barokah.

"Salah satunya kegiatan Gebyar Sekolah Model ini, yang merupakan wujud tanggung jawab kepada publik tentang pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di sekolah-sekolah model di Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Sekolah Model adalah sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri

Menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga budaya mutu tumbuh dan berkembang secara mandiri serta memiliki tanggungjawab untuk mengimbaskan praktik baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada sekolah di sekitarnya.

Guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar berharap agar kiranya sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah model untuk terus diberikan penguatan dan pembinaan untuk mampu menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu Pendidikan internal.

Baca: Jamila Dililit dan Nyaris Ditelan Ular Piton 6 Meter, Sang Suami Berhasil Tebas dan Selamatkan Istri

Baca: 9 Kesalahan Fatal Pelamar! Simak Cara Pendaftaran CPNS 2019 via Link sscasn.bkn.go.id

Baca: Live Streaming Barito Putera vs Borneo FC Liga 1 2019, via TV Online Vidio.com Jam 18.30 WIB

"Sekolah-sekolah model harus bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya sehingga kemajuan dan mutu yang telah dicapai bisa diikuti juga oleh sekolah lainnya," ucapnya

Guru Khalil mengungkapkan melalui kegiatan Gebyar Sekolah Model ini sebagai motivasi untuk terus membangun Pendidikan, sehingga dapat menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan mampu bersaing pada masa kini dan masa yang akan datang.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved