HSU Mantap

Kampanye dan Tandatangani Komitmen Bersama Pencegahan Stunting, Launching Aplikasi Sintari

Dinkes HSY menggelar Kampanye perubahan perilaku dalam rangka pencegahan stunting dengan tema "Cegah Stunting, Itu Penting"

Kampanye dan Tandatangani Komitmen Bersama Pencegahan Stunting, Launching Aplikasi Sintari
Pemkab HSU
Sekda HSU Muhammad Taufik saat menghadiri kamapanye perubahan perilaku dalam rangka pencegahan stunting dengan tema "Cegah Stunting, Itu Penting" 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI-Kampanye perubahan perilaku dalam rangka pencegahan stunting dengan tema "Cegah Stunting, Itu Penting" dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis (31/10/2019)

Kampanye ini dihadiri Sekda Muhammad Taufik bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Raudatul Munawarah, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DPRD HSU, kepala SKPD terkait, Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten HSU.

Rangkaian kampanye di awali dengan Senam Bersama di lapangan Sepak Bola samping kantor Dinas Kesehatan Kabupaten HSU.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan launching Pengenalan Aplikasi SINTARI (Kelas Ibu Pintar Sadar Gizi) oleh Hilnida Wati, petugas gizi yang bertugas di Puskesmas Haur Gading.

Tujuan aplikasi ini juga untuk meningkatkan pengetahuan gizi pada ibu balita di desa, di aplikasi ini juga berisi idukasi gizi, cek status balita yang dapat digunakan dalam diteksi dini tumbuh kembang balita.

Senam bersama Kampanye perubahan perilaku dalam rangka pencegahan stunting dengan tema
Senam bersama Kampanye perubahan perilaku dalam rangka pencegahan stunting dengan tema "Cegah Stunting, Itu Penting" (Pemkab HSU)

Kemudian dilanjutkan juga dengan penandatangan 20 target kegiatan pada komitmen bersama oleh sekretaris daerah dan seluruh peserta kampanye

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU, H Agus Fidliansyah, mengingatkan kembali kepada semuanya untuk mencegah stunting itu adalah tugas semua pihak.

"Jadi betapa pentingnya peran semua lintas sektor bahkan juga swasta, komunitas, dan masyarakat sehingga percepatan pencegahan stunting cepat kita capai," katanya.

Sementara dalam sambutan Bupati HSU, yang dibacakan Sekda Muhammad Taufik, mengatakan, kegiatan ini sangatlah penting karena kegiatan ini jelas memiliki manafaat yang sangat besar.

Bahkan bisa menjadi salah satu langkah strategis untuk mencegah dan meminimalisir faktor resiko stunting bagi anak dibawah dua tahun sekaligus upaya pencegahan dan penurunan stunting.

Launching Pengenalan Aplikasi SINTARI (Kelas Ibu Pintar Sadar Gizi)
Launching Pengenalan Aplikasi SINTARI (Kelas Ibu Pintar Sadar Gizi) (Pemkab HSU)

Melalui kesempatan ini pula diingatkan kembali bahwa masa bayi dan masa balita merupakan masa penting untuk kelangsungan hidup dan tumbuh kembang.

"Masa ini juga salah satu masa yang paling penting untuk meletakkan dasar dasar kesehatan dan intilektual anak untuk kehidupan yang akan datang," katanya. (aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved