Saraba Kawa

Optimalisasi SLRT, Kemiskinan di Tabalong Ditarget Turun menjadi 3,5 Persen Tahun 2024

Ditargetkan pada tahun 2024 nanti tingkat kemiskinan di Kabupaten Tabalong menurun menjadi 3,5 persen.

Optimalisasi SLRT,  Kemiskinan di Tabalong Ditarget Turun menjadi 3,5 Persen Tahun 2024
istimewa
Plt Kepala Dinas Sosial Tabalong, H Yuhani saat memberikan sambutan terkait program Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Saat ini Dinas Sosial yang berada di Kabupaten Tabalong memiliki program Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). Kegiatan ini digerakan hingga ke tingkat desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk meningkatkan lagi fungsi program Puskesos digelar Sosialisasi Optimalisasi Kinerja System Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Dengan pendataan yang tepat dan menyeluruh, ditargetkan pada tahun 2024 nanti tingkat kemiskinan di Kabupaten Tabalong menurun menjadi 3,5 persen.

Plt Kepala Dinas Sosial Tabalong, H Yuhani, menyambut positif kegiatan ini karena akan membawa dampak positif bagi daerah, khususnya sebagai sebuah terobosan dalam rangka penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Bumi Sarabakawa.

“SLTR dan Puskesos juga disebut sebagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang perlu dikembangkan guna untuk memastikan bahwa masyarakat miskin atau rentan mendapatkan akses perlindungan dan pelayanan sosial lebih cepat serta menyeluruh,” ujar Yuhani saat memaparkan sambutannya.

Kegiatan SLTR dan Puskesos ini juga memberitahukan kepada kepala desa masing-masing di Kabupaten Tabalong agar dapat mendata dan mengoptimalkal Program Puskesos.

"Kepala Desa harus mengantongi data akutar mengenai daftar warga kurang mampu maupun Lansia serta anak rerlantar," ujarnya.

Seluruh bantuan yang disalurkan melalui Dinas Sosial mengacu pada data terpusat, sehingga warga yang kurang mampu dihatapkan mengusulkan untuk bisa masuk dalam data terpadu tersebut.

Dalam kesempatan itu sekaligus dilakukan penyerahan bantuan dari dana APBN tahun 2019 untuk sarana dan prasarana lingkungan sebesar Rp50 juta di Lokasi Kat Rakutat Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara, dalam rangka HKSN tahun 2019, dan penyerahan bantuan rehabilitas rumah tidak layak huni sebesar Rp90 juta di Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, dan Tanta dalam rangka HKSN tahun 2019. (aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved