Berita Banjarmasin

Pemimpin Daerah Penyangga Ibu Kota Negara di Kalimantan Harus Pastikan Lapangan Kerja

Salah satu hal yang paling penting dimiliki seorang pemimpin suatu daerah sebelum berpikir besar adalah memastikan lapangan kerja terhadap warganya

Pemimpin Daerah Penyangga Ibu Kota Negara di Kalimantan Harus Pastikan Lapangan Kerja
banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani
Dr H Hermansyah, Dosen Antropologi saat mengisi Dialog Kebangsaan di Hotel Rattan In Banjarmasin Kalsel, Kamis (31/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Salah satu hal yang paling penting dimiliki seorang pemimpin suatu daerah sebelum dia berpikir besar adalah memastikan lapangan kerja terhadap warganya.

Kenapa? Karena syarat untuk mewujudkan kesejahteraan terlebih menghindari kesenjangan sosial terhadap warganya adalah mengangkat ini.

Namun kenyataan, saat ini justru sangat banyak yang memerlukan lapangan kerja namun berbanding terbalik dengan sangat sedikitnya yang mempersiapkannya. Padahal setiap orang butuh hidup dengan lapangan kerja.

" Coba saja tanya ke bawah, tidak sedikit mereka mengaku belum mendapatkan pekerjaan, itu yang sering saya temukan," kata Dr H Hermansyah, Dosen Antropologi saat mengisi Dialog Kebangsaan di Hotel Rattan In Banjarmasin Kalsel, Kamis (31/10/2019) tadi.

Baca: Dapat Informasi Ada Mafia Penghambat Porgram Pembangunan, Jokowi Ancam Gigit Balik

Baca: Perintahkan Penegak Hukum Termasuk KPK Tak Ganggu Investasi, Jokowi : Jangan Sampai Dibajak Mafia

Untuk itu penting bagi pemimpin daerah juga mengetahui serta menghitung populasi penduduknya. Apalagi terhadap suatu kota yang akan menjadi penyangga ibu kota negara, jumlah penduduk ini akan bertambah seiring statusnya.

" Ya syukur-syukur mereka yang datang membawa investasi, tapi kalau mereka yang datang bawa masalah lagi, ini yang menjadi masalah," pungkas Hermansyah.

Tidak sampai di situ, suatu daerah juga penting mempersiapkan sumber daya manusianya, baik soft skill maupun hard skill demi mempertahankan peluangnya.

Sehingga di dalam hal ini pun membutuhkan peran kepala daerahnya guna merancang perencanaan tepat.

" Misal, dengan meningkat grade, rangking suatu perguruan tingginya, kemudian sekolah menengah, kejuruan serta pelatihan-pelatihan sehingga ini perlu disusun dengan baik demi mewujudkan sdm tadi," jelasnya saat menjadi pembicara pada dialog nusantara kamis tadi.

Sedangkan Ir H Deddy Supriady, perwakilan Bappenas RI mengingat keputusan kepindahan ibu kotanya saat ini sudah final, terlebih dengan telah terpilihnya Kalimantan Timur dan dua kabupatennya. Sedangkan ke depan daerah penyangga yang paling strategis Kalimantan Selatan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved