Berita Banjarmasin

Begini Susunan Anggota DPR RI Dapil Kalsel di Senayan

Susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan Komisi-Komisi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sudah diumumkan pada Rapat Paripurna, Selasa (29/10/2019).

Begini Susunan Anggota DPR RI Dapil Kalsel di Senayan
Istimewa /Rifqinizamy
-Rifqinizamy Karsayuda, Anggota DPR RI Dapil Kalsel di Komisi V DPR RI 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan Komisi-Komisi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sudah diumumkan pada Rapat Paripurna, Selasa (29/10/2019).

Pada masa jabatan DPR RI 2019-2024, Perwakilan masyarakat Kalsel absen di Komisi II, IV, VI, IX dan XI.

Sebelas Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel di Senayan tersebar di Komisi I, III, V, VII, VIII dan X.

Pada Komisi I ada Syaifulah Tamliha dan Bambang Heri Purnama, Habib Aboe Bakar dan Pangeran Khairul Saleh di Komisi III, Rifqinizamy Karsayuda di Komisi V, Sulaiman Umar, Hasnuryadi Sulaiman, Zairullah dan Syafruddin H Maming di Komisi VII, Saiful Rasyid di Komisi VIII dan M Nur di Komisi X.

Baca: Fakta Sebenarnya Video Syur Nagita Slavina Dibongkar, Tahilalat Istri Raffi Ahmad Jadi Sorotan

Baca: FAKTA Komplit Video Syur Vina Garut, Pemeran Pria Ungkap Perasaan Sebenarnya, 1 Cewek Lawan 3 Pria

Baca: Tindakan Laudya Cynthia Bella Soal Suami Zaskia Sungkar, Irwansyah & Medina Zein Kata Hotman Paris

Walaupun absen di cukup banyak Komisi, namun Wakil Rakyat Kalsel masuk di beberapa Komisi yang cukup strategis salah satunya di Komisi V membidangi infrastruktur dan perhubungan.

Apalagi di waktu yang akan datang, isu terkait infrastruktur dan perhubungan diperkirakan akan semakin menghangat sejalan dengan proses persiapan pemindahan dan penataan Ibu Kota Negara ke Provinsi tetangga Kalsel, Kaltim.

Anggota DPR RI Dapil Kalsel yang duduk di Komisi V, Rifqinizamy Karsayuda yang akrab disapa Rifqi nyatakan akan konsisten titik beratkan isu yang selama ini sudah diperjuangkan untuk siapkan Kalsel sebagai daerah penyangga utama Ibu Kota Negara.

Walaupun menjadi satu-satunya Anggota Dewan Dapil Kalsel di Komisi V, Ia tetap optimis bisa upayakan kepentingan infrastruktur dan perhubungan Kalsel di Senayan.

"Walaupun sendirian, tapi kami akan bangun komunikasi efektif terutama di Fraksi PDIP sebagai Partai Pemenang dan Partai Pemerintah. Ini juga akan dilakukan di lintas Fraksi untuk yakinkan kebutuhan infrastruktur Kalsel ke depan sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara juga merupakan kebutuhan Nasional," kata Rifqi kepada Banjarmasinpost.co.id melalui sambungan telepon.

Pihaknya di Komisi V nyatakan akan perjuangkan untuk lahirkan Undang-Undang Ibu Kota yang baru yaitu menetapkan Kaltim sebagai Ibu Kota Negara sesuai kebijakan Presiden.

Pada sisi lain, Ia berharap bisa terwujud kerjasama dan koordinasi yang lebih intens dengan Pemerintah Daerah baik Eksekutif dan Legislatif untuk wujudkan misi tersebut.

Menurutnya, perlu ada upaya mendesain ulang konsep tata ruang di Kalsel untuk persiapkan Kalsel sebagai daerah penyangga utama Kaltim.

"Ini diperlukan, karena kita harus berfikir Kalsel yang dulu berbeda dengan Kalsel sekarang dan ke depan," kata Rifqi.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved