Pilkada Kalsel 2020

Hanya untuk Materai, Biaya Jalur Perseorangan Pilwali Banjarbaru Capai Rp 93 Juta

Jika syarat minimal dukungan 15.635 KTP tersebut dikalikan Rp 6.000, maka pada tahap awal saja calon independen harus menyiapkan anggaran Rp 93,8 juta

banjarmasinpost.co.id/aprianto
Ketua KPU Kota Banjarbaru, Hegar Wahyu. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Jumlah untuk dukungan persyaratan bagi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarbaru untuk Pilwali 2020 dari jalur independen atau perseorangan sudah ditetapkan oleh KPU Banjarbaru.

Syarat jumlah dukungan dan sebaran dukungan minimal bagi pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Walikota dan Wakil WaliKota Banjarbaru tahun 2020 mendatang sebanyak 15.635 dukungan.

Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat mengatakan pihaknya menetapkan jumlah dukungan itu melalui rapat pleno.

“Syarat dukungan bagi calon perseorangan berdasarkan hasil penghitungan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir di Kota Banjarbaru,” katanya, Jumat, (1/11/2019).

Baca: Ayam Ras, Kacang Panjang dan Semangka Penyebab Inflasi di Tanjung Tinggi, Ini Penjelasan BPS Kalsel

Baca: LINK Live Streaming TV Online Kalteng Putra vs Persib Bandung Liga 1 2019, Siaran Langsung Indosiar

Baca: UMK Banjarmasin 2020 Diusulkan Naik 8,15 Persen, Tunggu Ketetapan Gubernur Kalsel

Baca: Respons Syahrini Saat Gayanya Ditiru Teman BCL, Marah Seperti Melly Goeslaw? Istri Reino Ucap Ini

Disebutkannya total DPT di Kota Banjarbaru ada 156.347 jiwa sehingga jumlah dukungan untuk pasangan jalur perseorangan sedikitnya 15.635 jiwa dengan sebaran minimal di tiga Kecamatan yang ada di Kota Banjarbaru.

“Dukungan harus tersebar di tiga Kecamatan dari total lima Kecamatan yang ada di kota Banjarbaru. Tidak ada jumlah khusus disetiap di masing-masing Kecamatan, yang penting sebaran dukungannya minimal ada di tiga kecamatan," lanjutnya.

Untuk dukungan yang diberikan yakni dalam bentuk surat pernyataan yang dilampirkan salinan KTP Elektronik maupun identitas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, dukungan dari masyarakat tersebut hanya dapat diberikan kepada salah satu pasangan calon.

Rencananya, KPU Banjarbaru akan secara resmi menyampaikan pengumuman tentang syarat minimal dukungan ini pada 25 November sampai dengan 8 Desember 2019 mendatang. Sesuai dengan tahapan penyelenggaraan Pemilihan.

Disinggung soal kelengkapan materai Rp 6.000 dalam lampiran KTP dukungan, KPU belum memastikan persyaratan tersebut. Sebab,saat ini pihaknya masih menunggu terbitnya PKPU yang mengatur secara teknis soal dukungan independen.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved