Berita Kesehatan

Tak Hanya Enak untuk Sayur, Wortel Punya 9 Manfaat Istimewa untuk Kesehatan

Senyawa karotenoid dalam wortel, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, menjadi zat gizi kunci yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan

Tak Hanya Enak untuk Sayur, Wortel Punya 9 Manfaat Istimewa untuk Kesehatan
net
Wortel

BANJARMASINPOST.CO.ID - Buah wortel sudah tidak asing bagi kita. Maklum saja, wortel kerap menjadi salah satu buah pelengkap sayuran ibu-ibu di dapur.

Selain enak untuk pelengkap sayur sup ayam, wortel juga menjadi pelengkap banyak jenis sayuran. Diantaranya ada sayur orak-arik kol wortel, capcay, sayur brokoli wortel udang tahu menu balita dan banyak lagi makanan yang menyertakan wortel di dalamnya.

Namun, tahukah kamu dibalik warnanya yang mencolok buah wortel mempunyai manfaat yang begitu besar untuk kesehatan.

Wortel mengandung beragam jenis nutrisi dan manfaat. Nutrisi wortel termasuk serat, vitamin, dan mineral. Beberapa zat gizi pada wortel juga ada yang bertindak sebagai molekul antioksidan.

Baca: Tambahkan Sedikit Jahe dalam Minuman di Pagi Hari dan Rasakan Manfaatnya

Baca: Mengkudu dan Jahe Merah Bikin Pengobatan TB Efisien

Baca: 7 Bahaya Minum Kopi Berlebihan, dari Sakit Kepala hingga Bikin Diare dan Jantung Berdebar

Senyawa karotenoid dalam wortel, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, menjadi zat gizi kunci yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk melawan kanker. Manfaat wortel lainnya juga bersumber pada kandungan vitamin, termasuk vitamin C dan A.

Sebaiknya tidak dilewatkan, ini 9 manfaat wortel untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan risiko kanker prostat

Para ahli menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi karetonoid dengan penurunan kanker prostat. Walau begitu, riset lanjutan masih sangat diperlukan, untuk menggali hubungan sebab-akibatnya.

2. Melawan kanker usus besar

Menurut ahli di Jepang, rajin mengonsumsi beta-karoten dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Kanker kolororektal adalah kanker yang tumbuh di usus besar bagian akhir, atau pada bagian usus besar yang dekat ke anus.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved