Berita Tapin

RTH Rantau Baru Dijadikan Arena Balapan Liar, Satlantas Polres Tapin Amankan Ratusan Sepeda Motor

Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rantau Baru tak jarang dimanfaatkan para remaja untuk menggelar balapan liar.

RTH Rantau Baru Dijadikan Arena Balapan Liar, Satlantas Polres Tapin Amankan Ratusan Sepeda Motor
istimewa/Satlantas Polres Tapin
Sejumlah kendaraan pengunjung RTH Rantau Baru yang suratnya tak lengkap diamankan Satlantas Polres Tapin, Jumat (1/11/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rantau Baru dipenuhi kaum milenial yang datang dari berbagai pelosok wilayah kecamatan di Kabupaten Tapin.

Mereka sengaja janjian berkumpul dan memarkir sepeda motor roda dua di kawasan RTH Rantau Baru, setiap sore menjelang petang menunggu matahari senja tenggelam.

Sebagian dari kaum milienal itu ada yang nekad menyalurkan hobi balapan di kawasan RTH Rantau Baru, sebagai tontonan gratis temannya sekaligus unjuk kebolehan mendapatkan pengakuan tercepat.

Nahas, keadaan RTH Rantau Baru bukan milik kaum milenal. Ada sejumlah keluarga yang membawa anaknya bersantai menikmati udara segar dan pemandangan hijau di RTH tersebut.

Baca: Mantap Daftar di 4 Parpol, Denny Indrayana Tetap Siapkan Perahu Penyelamat, Kumpulkan 10 Ribu KTP

Baca: Sebut Kabinet Jilid II Seperti Piala Kaleng, Rocky Gerung Prediksi Prabowo yang Akan Pertama Dicopot

Baca: LINK MOLA TV - Live Streaming Aston Villa vs Liverpool Liga Inggris, Siaran Langsung TVRI Malam Ini

Baca: Live Bein Sports 1! Link Live Streaming TV Online Levante vs Barcelona di Liga Spanyol, Messi Main

Sebagian publik yang berkunjung tidak ingin bising oleh suara knalpot racing anak muda dan kepulan asap dari sepeda motor peserta balapan liar.

Menyikapi keluhan masyarakat dan aksi balapan liar di RTH Rantau Baru, Kasatlantas Polres Tapin AKP Winda Adiningrum menurunkan anggotanya.

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (2/11/2019) anggota Satlantas Polres Tapin berada di kawasan RTH Rantau Baru.

Hasilnya ratusan unit sepeda motor terjaring kegiatan penindakan balapan liar. Sepeda motor itu diamankan di Mapolres Tapin, Jumat (1/11/2019) sekitar pukul 17.00 Wita hingga malam hari.

Kasatlantas Polres Tapin AKP Winda Adiningrum, mengimbau anak muda yang rekreasi di RTH Rantau Baru tidak melakukan balapan liar karena dinilai membahayakan pengendara dan merugikan orang lain yang melintas.

"Ada laporan dari masyarakat, sekitar lokasi RTH Rantau Baru, banyak anak-anak mengadakan balapan liar dan rawan tawuran menggunakan senjata tajam," katanya AKP Winda Adiningrum.

Petugas Satlantas Polres Tapin mengamankan sepeda motor pengunjung RTH Rantau Baru
Petugas Satlantas Polres Tapin mengamankan sepeda motor pengunjung RTH Rantau Baru (istimewa/Satlantas Polres Tapin)

Sementara, Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, kawasan lainnya yang kerap dijadikan lintasan balapan liar adalah di Kecamatan Tapin Selatan.

Baca: Kafilah Disambut Megahnya Panggung MTQ XXXII 2019 Tingkat Kalsel di Kotabaru, Dimeriahkan Band Wali

Baca: Komisi III DPRD Kalsel Segera Inisiasi Perda Perlindungan Aset Negara di Daerah

Baca: Perayaan Ulang Tahun Penggemar Ayu Ting Ting, Fans Teman Ruben Onsu Bukan Balajaer

Jalan baru sepanjang dua kilometer lebih itu adalah akses menuju Kecamatan Salam Babaris. Lintasannya yang lebar dengan aspal mulus serta trek lintasan berbelok membuat nyali pembalap liar tertantang dan aksi itu kerap dilakukan sejak sore hingga menjelang malam.

"Setiap sore anak muda kumpul menunggu mata hari terbenam. Dari atas jalan itu terlihat Tambarangan, ibukota Kecamatan Tapin Selatan. Mereka terkadang balapan liar," ujarku sopir tronton, Firdan.
(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved