Berita Tanahbumbu

Dinkes Tanahbumbu Terpaksa Tambah Anggaran, 32 Ribu Lebih PBI BPJS Tanggungan Pemerintah Daerah

Pada 2020 mendatang Dinkes terpaksa harus menambah anggaran hampir dua kali lipat imbas pemerintah resmi menaikan iuran BPJS Kesehatan.

Dinkes Tanahbumbu Terpaksa Tambah Anggaran, 32 Ribu Lebih PBI BPJS Tanggungan Pemerintah Daerah
banjarmasinpost.co.id/herliansyah
Kepala Dinas Kesehatan Tanahbumbu HM Damrah 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanahbumbu sepertinya harus memutar 'otak'. Tidak ada cara lain, selain pada 2020 mendatang Dinkes terpaksa harus menambah anggaran hampir dua kali lipat imbas pemerintah resmi menaikan iuran BPJS Kesehatan.

Penambahan anggaran oleh pemerintah daerah melalui Dinkes yang bersumber dari APBD, karena 32 ribu lebih Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS menjadi tanggungan daerah.

Kepala Dinkes Tanahbumbu HM Damrah membenarkan, rencana kenaikan iuran dimulai pada Januari 2020 menjadi beban daerah. Kecuali bulan Nopember dan Desember seharusnya dibayar oleh daerah, namun dibayarkan oleh Pemerintah Pusat.

Baca: Syarat Wajib Pendaftaran CPNS 2019, Cek Juga Formasi Penerimaan CPNS 2019 via Link sscasn.bkn.go.id

Menurut Damrah, sebelumnya iuran PBI dibayarkan sebesar Rp 23 ribu. Terhitung awal bulan Januari 2020, besaran iuran yang dibayarkan perpeserta PBI Rp 43 ribu.

"Kalau saya tidak keliru sebesar itu, Rp 43 ribu ya," jelas Damrah kepada banjarmasinpost.co.id.

Dengan besaran iuran menjadi beban APBD, maka otomatis lanjut Damrah, daerah harus kembali mengatur rencana belanja terkait pembiayaan kepesertaan BPJS PBI tersebut.

Sementara diakui Damrah, APBD 2020 sudah ditetapkan. Dimungkinkan sehingga ada simulasi-simulasi yang perlu dilakukan untuk memenuhi pembiayaan tersebut.

"Kan (APBD) sudah ditetapkan. Kembali ke daerah, ya berarti pemerintah daerah melaksanakannya enda mungkin tidak. Jadi ya harus ada simulasi-simulasi. Walau sudah (APBD) dibahas, tapi masih ada waktu melaporkan ke pimpinan," katanya.

Baca: 12 Orang Menangkan Hadiah Undian Program BNI Shopping Festival 2019 di Duta Mall Banjarmasin

Ditegaskannya jumlah kepesertaan PBI BPJS ditanggung APBD, tercatat di Dinkes sekitar lebih kurang 32.606 peserta.

Sebelumnya rencana kenaikan iuran BPJS ditetapkan, iuran dibayarkan Rp 23 ribu perjiwa perbulan untuk kelas III.

"Kalau menjadi Rp 43 ribu, berarti kenaikan perjiwa Rp 20 ribu. Berarti sekitar Rp 6 miliar tambahan anggaran. Itu kalau jumlah kepesertaan masih 32 ribu. Kalau kepesertaannya bertambah sampai 50 ribu berarti Rp 10 miliar," pungkas Damrah.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved