Breaking News:

Berita Banjarmaisn

Kesenian Khas Banjar, Damarwulan Dipentaskan di Panggung Terbuka RRI Banjarmasin

Salah satu kesenian khas Banjar yakni Damarwulan hari ini Sabtu (2/11/2019) malam dipentaskan di Panggung Terbuka RRI Banjarmasin.

BANJARMASINPOST.co.id/frans rumbon
Kesenian khas Banjar yakni Damarwulan hari ini Sabtu (2/11/2019) malam dipentaskan di Panggung Terbuka RRI Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Salah satu kesenian khas Banjar yakni Damarwulan hari ini Sabtu (2/11/2019) malam dipentaskan di Panggung Terbuka RRI Banjarmasin.

Damarwulan ini dipentaskan oleh pegiat seni Damarwulan di Banjarmasin yakni Badawa Group dengan mengangkat judul Perang Tanding Raden Damarwulan.

Pementasan Damarwulan ini sendiri dilaksanakan oleh UPTD Taman Budaya Kalsel bekerjasama dengan RRI Banjarmasin berupa Pergelaran Budaya.

Cerita Perang Tanding Raden Damarwulan ini menceritakan tentang seorang Raden bernama Damarwulan yang diminta bantuannya oleh sebuah kerajaan untuk melawan Minak Jingga.

Dan cerita ini dipentaskan dengan apik oleh Badawa Group dan juga menggunakan bahasa Banjar dengan durasi kurang lebih 60 menit.

Baca: Hasnuryadi Raih 44 Suara, Berikut Daftar 12 Exco PSSI Periode 2019-2023 Hasil Kongres Luar Biasa

Baca: Harga HP Oppo November 2019, 4 Unggulan Oppo Mulai A9, A5, K3 dan Reno2 F, Simak Spesifikasinya

"Ini salah satu program kita dan bekerjasama dengan RRI Banjarmasin untuk menampilkan kesenian tradisi," ujar Kepala Taman Budaya Kalsel, Suharyanti.

Perempuan yang akrab disapa Yanti ini menambahkan bahwa pementasan Damarwulan ini dilakukan untuk menjaga eksistensinya.

"Apalagi seperti kita ketahui Damarwulan ini sudah sangat jarang ditampilkan, makanya kita ingin memberi ruang agar bisa tetap eksis seperti kesenian tradisi lainnya," jelasnya.

Selain Damarwulan, Pergelaran Budaya ini juga disemarakkan dengan Tari Keprajuritan,
Jaka Tingkir, Tari Kencet, Madihin serta perkusi dari SMKN 2 Banjarmasin.(banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved