Berita Tanahbumbu

Kadis LH Rahmat Akui Pasar Tradisional Penyumbang Terbanyak Sampah Plastik di Tanahbumbu

program pengurangan sampah plastik tidak berpengaruh secara keseluruhan terhadap volume sampah dari titik-titik tempat pembuangan sementara (TPS)

Kadis LH Rahmat Akui Pasar Tradisional Penyumbang Terbanyak Sampah Plastik di Tanahbumbu
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Kepala DLHD Kabupaten Tanahbumbu Rahmat Prapto Udoyo 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Tanahbumbu Rahmat Prapto Udoyo menyebutkan, pihaknya belum mengevaluasi hasil pengurangan sampah plastik program pemerintah daerah setempat yang dimulai beberapa bulan lalu.

Rahmat menyatakan meski belum mengevaluasi, namun secara umum program pengurangan sampah plastik dilaksanakan bertahap di Kabupaten Tanahbumbu terlihat cukup berefek positif.

"Cukup signifikan. Terlihat secara kasab mata di jalan-jalan sudah jarang ditemukan sampah plastik. Tapi tetap kami akan lakukan evaluasi," jelas Rahmat kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (4/11/2019).

Menurut Rahmat, program pengurangan sampah plastik tidak berpengaruh secara keseluruhan terhadap volume sampah diambil dari titik-titik tempat pembuangan sementara (TPS).

Baca: SBI Temukan Kelelawar Nektar Berlidah Panjang di Stasiun Riset Bekantan Pulau Curiak

Terlepas soal itu, pihaknya akan tetap mencoba mengembangkan program pengurangan sampah plastik ke pasar-pasar tradisional. Selama ini program hanya difokuskan untuk pasar-pasar modern.

Terkait hal itu, ada rencana melaksanakan sosialisasi ke pedagang-pedagang pasar tradsional. Dinilai pasar tradisional salah-satu penyumbang sampah plastik cukup besar di wilayah Kabupaten Tanahbumbu.

Menjadi indikator sebagian besar konsumen atau pembeli tidak. menggunakan plastik yang sebelumnya digunakan untuk barang-barang belanjaan. Tapi ketika belanja mereka menggunakan kantong kresek yang baru.

"Akhirnya plastik-plastik sebelumnya itulah menjadi sampah. Makanya kami akan coba lakukan sosialisasi ke pasar-pasar tradisional," pungkas Rahmat.

BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved