Berita Banjarmasin

Kanwil Kemenkumham Gelar Kadarkum, Kakanwil : Diharapkan Masyarakat Tahu Hukum

Kanwil Kemenkumham Kalsel menyelenggarakan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum)

Kanwil Kemenkumham Gelar Kadarkum,  Kakanwil : Diharapkan Masyarakat Tahu Hukum
istimewa/Kanwilkumham Kalsel
Bertempat di Auditorium Prof. H. Idham Zarkasi, SH. Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kanwil Kemenkumham Kalsel menyelenggarakan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bertempat di Auditorium Prof. H. Idham Zarkasi, SH. Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kanwil Kemenkumham Kalsel menyelenggarakan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Tahun 2019, Selasa, (05/11/2019)

Kegiatan ini dalam rangka memantapkan dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Selatan agar terciptanya masyarakat yang cerdas dan patuh terhadap hukum. Dan untuk peserta kegiatan ini terdiri dari tim perwakilan 12 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Kepala Kantor Wilayah, Agus Toyib Dalam sambutannya menyampaikan, program perlombaan ini merupakan kegiatan yang sudah terjadwal untuk 2019 selain kegiatan lainnya seperti bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin, penyuluhan sadar hukum untuk para pelajar.

Gelar Razia Gabungan di Operasi Zebra Intan 2019, 150 Tilang Diberikan kepada Pengendara

Rizky Febian Disebut Sindir Lina yang Nikah Lagi, Sule Ungkap Sikap Sang Anak, Dukung Naomi Zaskia?

Ngamuk dan Menenteng Parang di Pasar Keramat, Pemuda Ini Diamankan Polres HST

Bungkus Sabu Dengan Tisu, Mahasiswa Ini Diamankan Satresnarkoba Polres HST

"Serta pameran peningkatan masyarakat sadar hukum melalui kegiatan legal expo. Pentingnya kesadaran hukum sendiri menjadi bagian yang krusial di lingkungan sosial masyarakat terutama indeks peningkatan pelanggaran hukum yang bisa kita tekan salah satunya melalui penyuluhan hukum di daerah",jelasnya.

Gubernur Kalimantan Selatan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan, Siswansyah mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas terlaksananya kegiatan ini oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan dan pihak-pihak lain yang ikut mensukseskan kegiatan ini.

Menurutnya pelanggaran hukum yang bergejolak di masyarakat salah satunya kurangnya kesadaran hukum yang dibangun, maka dari itu mari kita membangun budaya hukum serta merubah mental bangsa yang cenderung toleran terhadap pelanggaran hukum, dengan mengarahkan masyarakat menjadi cerdas hukum, yang sadar akan kewajiban dan haknya serta mengerti mana yang salah dan benar dalam melakukan sesuatu tindakan.

Sementara kegiatan ini juga dihadiri d Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Subianta Mandala, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Alfi Zahrin. Hadir pula para undangan, yakni Asisten I Gubernur Kalimantan Selatan Bidang Pemerintahan yang mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, Inspektur Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala BNNP Kalimantan Selatan dalam hal ini diwakili Kasi Penyidikan Bidang Pemberatasn Kompol Yanto Suparwito, Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, Perwakilan Universitas Lambung Mangkurat Kalsel, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalsel.

Stadion 17 Mei Dua Kali Menunggak Bayar Listrik, Djumaderi Maserun Harapkan Ini

Jodoh Aurel Hermansyah Disebut Sosok Selain Ashanty & Anang, Putri Krisdayanti dengan Teuku Rasya?

Atap Kelas SDN Gentong Pasuruan Ambruk, 1 Guru dan 1 Siswa Tewas

Sementara itu Lomba Kadarkum terbagi dalam 2 (dua) sesi, yaikni Babak Penyisihan dan Babak Final yang akan menghasilkan 3 Pemenang. Pemenang Pertama Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Tahun 2019 ini, nantinya akan mengikuti lagi Lomba Kadarkum ditingkat Nasional mewakili Provinsi Kalimantan Selatan yang akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan April tahun 2020 mendatang. (Banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved