Berita Banjarmasin

Penghuni Rusunawa Teluk Kelayan Minim, Freddy Optimis Bakal Ramai

Meski saat ini penghuni rusunawa di Teluk Kelayan masih sepi. Namun, Fredy optimis rusunawa nantinya bakal ramai

Penghuni Rusunawa Teluk Kelayan Minim, Freddy Optimis Bakal Ramai
Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani
Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Teluk Kelayan Kelurahan Kelayan Barat Kota Banjarmasin Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perumahan dan Permukimannya tidak memungkiri saat ini jumlah penghuni di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Teluk Kelayan masih sedikit.

Terus membuka pendaftaran serta melakukan penjaringan terhadap para calon penghuni rusunawa, namun hal tersebut bukan dikarenakan minimnya peminat melainkan adanya beberapa tahapan.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Penataan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Banjarmasin, Freddy , Selasa (5/11/2019) tadi.

Ia mengatakan bahkan bila mengacu pada data, jumlah pendaftar yang ingin menempati rusunawa Teluk Kelayan sejak dibuka beberapa bulan yang lalu, peminatnya pun cukup tinggi.

Jelang Operasi Zebra Berakhir, Satlantas Kotabaru Sidang Ditempat Pelanggar Lalulintas

Sikap Tak Terduga Ahmad Dhani Saat Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Suami Mulan Jameela Marah?

LINK Live Streaming TV Online Barcelona vs Slavia Praha di Vidio.com, Liga Champions Live SCTV

Wacanakan Naik ke Tipe B, RSHD Lengkapi Fasilitas Laboratorium Patologi Anatomi

Namun hanya saja, tentu tidak bisa sebatas itu. Melainkan sejumlah calon penghuni harus memenuhi serta mengikuti beberapa syarat yang mengacu pada perda yang telah menjadi acuan.

" Jadi, bukan berarti ketika kami mendapatkan banyak yang pendaftar, kemudian kami pun sekonyong-konyongnya menerima mereka. Justru para calon penghuni tersebut harus mengikuti persyaratan sesuai perda dan kriteria," jelasnya.

Hal itu bertujuan agar di kemudian hari rusunawa pun tidak dimanfaatkan di luar peruntukkannya. Sehingga beberapa syarat diantaranya calon penghuni merupakan warga Banjarmasin, telah berkeluarga resmi dan lain sebagainya wajib dipenuhi.

" Iya, seperti beberapa waktu lalu, ada yang mengira warga selain Banjarmasin bisa menghuni di Rusunawa, memanfaatkannya sekaligus membuka usaha, begitu pula mereka yang misalnya berkeluarga tapi nikah dibawah tangan, itu tidak boleh," jelasnya.

Alasan lain masih lengangnya penghuni di rusunawa Teluk Kelayan, tambah Freddy lagi adanya kebiasaan warga Banjarmasin yang belum terbiasa tinggal di rumah vertikal.

Padahal jika melihat kondisi pesatnya pembangunan dan terbatasnya jumlah lahan saat ini, justru bangunan semi apartemen menjadi solusi tepat bagi warga yang ingin memiliki rumah tinggal housing carrier systems.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved