Berita Kabupaten Banjar

Retribusi Kebersihan Naik PD Pasar Bauntung Batuah Lakukan Penyesuaian Tarif

PD Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) melakukan penyesuaian tarif sewa bagi para pedagang di lingkungan pasar yang dikelola oleh Pemkab Banjar melalui PD

Retribusi Kebersihan Naik PD Pasar Bauntung Batuah Lakukan Penyesuaian Tarif
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Suasana pasar martapura 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - PD Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) melakukan penyesuaian tarif sewa bagi para pedagang di lingkungan pasar yang dikelola oleh Pemkab Banjar melalui PD PBB.

Hal itu untuk meningkatkan pelayanan dan pendapatan asli daerah (PAD).

Dirut PD PBB, Rusdiansyah mengatakan kebijakan yang diambil karena tarif sewa sebelumnya sudah berlaku lama, perlu dilakukan penyesuaian untuk meningkatkan pelayanan fasilitas pasar dan untuk daerah.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap para pedagang dan pengunjung pasar, PD Pasar Bauntung Batuah (PBB) melakukan sosialisasi peningkatan fasilitas pasar.

Dirut PD PBB Rusdiansyah SE mengatakan pihaknya telah memberitahukan secara terbuka kepada para pedagang toko, kios, bak, meja, warung maupun los dan PKL di seluruh pasar milik Pemerintah Kabupaten Banjar yang dikelola PD PBB.

Makan Malam SBY Usai 5 Bulan Ditinggal Ani Yudhoyono Diungkap Annisa Pohan, Istri AHY Tulis Soal Ini

Viral, Bocah 14 Tahun Menikah Dengan Gadis Dewasa di Pamekasan, Simak Kisahnya

Penampilan Istri Ahok BTP yang Hamil Besar Saat Nonton Konser, Perut Puput Nastiti Devi Disorot

"Bahwa terhitung sejak 1 Januari 2020 telah dilakukan perubahan terhadap tarif jasa pelayanan fasilitas pasar (TJPFP) sebagai berikut bahwa pertama, sewa toko, kios, bak, meja, warung, los naik 30 persen dari tarif sewa sebelumnya," katanya.

Kedua, retribusi kebersihan naik dari Rp1.000/hari menjadi Rp2.000/hari.

Kemudian yang ketiga, biaya balik nama tempat usaha turun 75 persen dari tarif sebelumnya.

"Hal ini dilakukan agar ke depan urusan balik nama akan dipermudah, sehingga yang menguasai kios, lapak, dan lain-lain benar-benar berprofesi pedagang," katanya.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman bersama istrinya HJ Raudatul Wardiyah beberapa waktu lalu juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek kondisi Kebersihan di Pasar tradisional Batuah Martapura.

Dia mengecek bangunan dan tata ruang dan pengelolaan di pasar tradisional terbesar di Kabupaten Banjar ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengimbau para pedagang tidak hanya tertib berjualan tetapi harus tertib pula menjaga kebersihan pasar.

"Dengan kondisi pasar yang bersih menarik minat pengunjung datang berbelanja. Jangan sementara saya sidak saja, tetapi terus menerus menjaga kebersihan Pasar Martapura kita," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved