Berita Banjarmasin

Budaya Lokal Jadi Tema Mural Dinding Depo Perpustakaan Tendean, ini Tujuannya

Dispersip Kalsel mempunyai tiga kantor yang jaraknya berjauhan yakni Perpustakaan Palnam, Depo Perpustakaan Tendean, Bidang Arsip di Banjarbaru.

Budaya Lokal Jadi Tema Mural Dinding Depo Perpustakaan Tendean, ini Tujuannya
foto Istimewa Dispersip Kalsel untuk Banjarmasin Post
Depo Perpustakaan Tendean membuat mural (lukisan dinding) terkait budaya lokal di dinding beton pagar. 

BANJARMASINPOST CO.ID, BANJARMASIN - Dispersip Kalsel mempunyai tiga kantor yang jaraknya berjauhan yakni Perpustakaan Palnam, Depo Perpustakaan Tendean, Bidang Arsip di Banjarbaru.

Adapun fungsi perpustakaan ada tiga, pertama fungsi pendidikan artinya perpustakaan adalah tempat yang menyediakan sarana untuk belajar baik di lingkungan formal ataupun non formal.

Kedua, fungsi rekreasi, artinya perpustakaan berisikan berbagai sumber informasi hiburan yaitu cerita rakyat, puisi, dan lain sebagainya sehingga masyarakat bisa menikmati rekreasi kultural melalui media baca.

Ketiga, fungsi kultural, perpustakaan berfungsi untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat dengan berbagai aktivitas, contohnya pameran, bedah buku, seminar, pertunjukan dan lain sebagainya.

Fakta Baru Kisah Layangan Putus, Foto Diduga Pernikahan Ricky Zainal & Lola Diara & Jejak Mommy Asf

Sikap Tak Terduga Ahmad Dhani Saat Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Suami Mulan Jameela Marah?

Viral Mulan Jameela SD Cuma 3 Tahun, Begini Pembelaan Sekretariat DPR untuk Istri Ahmad Dhani

Guna mendukung salah satu fungsi perpustakaan sebagai wahana rekreasi, Depo Perpustakaan Tendean membuat mural (lukisan dinding) terkait budaya lokal di dinding beton pagar.

Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardi, mengatakan, mural agar menjadi khasanah rekreasi, budaya dan pendidikan yang menarik anak-anak dan remaja sehingga instagramable dan familiar untuk pengunjung.

"Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kunjungan, kepesertaan dan selanjutnya penambahan koleksi buku," harapnya.

Mural bertema kearifan lokal itu antara lain tentang sosial dan budaya masyarakat Banjar, tentang memelihara lingkungan, tentang permainan dan kesenian traditional dan sebagainya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved