Saraba Kawa

Kembangkan Program Unggulan Sukseskan Smart City Tabalong

Kabupaten Tabalong telah selesai dalam penyusunan masterplan untuk smart city, hasil dari penyusunan masterplan ini dipapaprkan kepada Tim Penilai.

Kembangkan Program Unggulan Sukseskan Smart City Tabalong
HO/Humas Pemkab Tabalong
Pemaparan tentang Smart City Tablong dipimpin langsung Bupati Tabalong Anang Syakhfiani. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Kabupaten Tabalong telah selesai dalam penyusunan masterplan untuk smart city, hasil dari penyusunan masterplan ini dipapaprkan kepada Tim Penilai dalam tahap evaluasi Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia.

Paparan yang dilakukan dihadapan tim Evaluator, tim  professional serta Kementrian Kominfo dan beberapa pihak lainnya.

Kabupaten Tabalong melakukan paparan mengenai masterplan yang telah disusun dan telah disepakati melalui komitmen bersama dengan seluruh pihak di tingkat Kabupaten. Pemaparan ini dipimpin langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Balai Sudirman Jln Dr  Suharjo Nomor 268 Menteng, Jakarta Selatan, Selasa, (6/11/2019).

Pemaparan Smart City Tablong dipimpin langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Balai Sudirman Jln Dr  Suharjo Nomor 268 Menteng, Jakarta Selatan, Selasa, (6/11/2019).
Pemaparan Smart City Tablong dipimpin langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Balai Sudirman Jln Dr Suharjo Nomor 268 Menteng, Jakarta Selatan, Selasa, (6/11/2019). (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Ketua DPRD Tabalong Mustafa dan beberapa Pejabat SKPD terkait.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, master plan smart city ini akan diimplementsikan untuk menjawab berbagai tantangan dan mengambil peluang dalam menghadapi rencana pemindahan ibukota baru. Perbagai program telah dipersiapkan untuk mewujudkan smart city. Kabupaten Tabalong memiliki tim  Smart City khususnya yang terdiri dari 20 SKPD terkait. 

Untuk menjadikan Kabupaten Smart City terdapat enam hal yang akan dipenuhi yaitu menjadi smart goverment, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart envoroment.

Pemaparan Smart City Tablong dipimpin langsung oleh Bupati Tabalong di Jakarta.
Pemaparan Smart City Tablong dipimpin langsung oleh Bupati Tabalong di Jakarta. (HO/Humas Pemkab Tabalong)

Untuk mewujudkannya akan dilakuakn pembenahan dan penerapan pada fungsi dan kebijakan pemerintah, pengembangan infrastruktur dan pengambangan aplikasi. Juga dilakuakan pengembangan infrastruktur dan aplikasi digital. Di Kabupaten Tabalong sendiri sudah cukup banyak layanan publik yang telah memeiliki layanan internet.

Bebebrapa ruang terbuka telah dilengkapi dengan free wifi, 13 Puskesmas dari 16 Puskesmas juga telah memiliki layanan internet dan belum lama ini membangun tujuh BTS di desa terpencil dan pengembangan infrastruktur ini akan terus dilanjutlan dan dikembangkan.

Program dalam pelaksanaan smart city lainnya adalah Quick win yang dihasilkan dari master plan selama bimbingan teknis (bimtek) tahap I hingga IV  yaitu peningkatan keterampilan masyarakat, menciptakan wirausaha baru dan Layanan Angkutan Masyarakat yang Nyaman dan Gratis (Langsat Manis).

“Program smart city dimaksudkan untuk mengambangkan daerah dan membangun kepercayaan masyarakat secara luas, dan Pemerintah Daerah akan berupaya keras dalam mewujudkannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo dan Statistik Kabupaten Tabalong, Pebriadin Hafiz menjelaskan usai pemaparan ini pihaknya selaku eksekutor akan mulai menjalankan dari program yang telah tertuang pada masterplane.

Pemaparan Smart City Tablong dipimpin langsung Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Jakarta
Pemaparan Smart City Tablong dipimpin langsung Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Jakarta (HO/Humas Pemkab Tabalong)

“Selama pelaksanaannya masih mendapatkan pengawasan dari Kementrian Kominfo dan mendapatkan penilaian dan melalui proses evaluasi,” ujarnya. Keberhasilan dalam implementasi yang dilakukan dari perencanaan adalah sejauh mana dapat digunakan dam mempermudah dan memeberi dampak positif kepada masyarakat.

Terpisah, Nicodemus salah satu dari tim penilai 100 Smart City, menjelaskan jika yang paling diutamakan dari smart city di daerah adalah bisa memanfaatkan teknologi informasi di seluruh lapisan masyarakat dan menghindarkan daerah dari daerah tertinggal dalam segi teknologi. (AOL/*)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved