Berita Banjarmasin

Pasca Hangus Terbakar, Kantor UPT Dinas Pasar Mulai Beroperasi

Pasca kebakaran, Kantor UPT Dinas Pasar pantauan Bpost, Selasa (5/11/2019) tadi telah berangsur bersih dan rapi.

Pasca Hangus Terbakar, Kantor UPT Dinas Pasar Mulai Beroperasi
Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani
Kondisi kantor UPT Dinas Pasar Kota Banjarmasin pasca dilanda kebakaran, Kamis (24/10/2019) lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perlahan tapi pasti, itulah ungkapan yang mungkin mewakili sejumlah usaha pegawai di UPT Dinas Pasar Kota Banjarmasin pasca dilanda kebakaran Kamis (24/10/2019) lalu.

Mempora-porandakan seisi ruang perkantoran, namun kini mereka tengah berusaha kembali menata dan memulihkan kembali kantor pelayanan para pedagang di kota Banjarmasin itu.

Hasilnya pun cukup memuaskan. Pasalnya, jika sebelumnya kantor UPT Dinas Pasar nampak berantakan dengan puing sisa kebakaran, pantauan Bpost, Selasa (5/11/2019) tadi telah berangsur bersih dan rapi.

Kursi-kursi telah tersusun rapi dengan jejeran sejumlah komputer, printer serta peralatan keras lainnya. Selain itu, pada bagian dinding bila sebelumnya nampak menghitam akibat gosong terbakar api, siang tersebut sudah nampak berkurang dengan ditutupi spanduk.

Fungsikan Pasar Barunak, Pemkab Tabalong Manfaatkan Lantai Dasar untuk Pusat Kuliner

Renang dan Bulutangkis Jadi Andalan NPC Pelajar di Peparpenas IX, Segini Targetnya

LINK www.mola.tv! Jadwal Live Streaming Mola TV Timnas Indonesia vs Timor Piala Asia U19, Live RCTI

BKD Kalsel Belum pastikan standar IPK Penerimaan CPNS 2019, Tunggu Petunjuk Teknis Pusat

Bahkan menurut Kasi Pengelolaan Bidang Sarana dan Pengelolaan Distribusi Disperindag Kota Banjarmasin, Ridho atas penataan itu tidak sedikit pedagang yang datang ke UPT Dinas Pasar tak menyadari kantor tersebut usai dilanda kebakaran.

" Terutama pada bagian dinding, yang berwarna gelap, untuk tidak terlihat jadi ya sementara kami tutupi (dengan spanduk, red)," katanya.

Meskipun tambah Ridho lagi pasca kebakaran bulan lalu berkaitan dengan peralatan seperti komputer, kini pihaknya masih memanfaatkan fasilitas seadanya. Hal itu mengingat pengadaan barang belum ada.

" Iya, mungkin November 2019 ini akan ada pengadaan terkait komputer, printer dan lainnya. Sedangkan saat ini karena jumlahnya terbatas, jadi kadang-kadang gantian memakainya," jelasnya.

Ridho juga mengatakan terpenting saat ini pihaknya laksanakan adalah memastikan tetap jalannya pelayanan. Karena dengan itu, selain memudahkan sejumla pedagang bisa melakukan pembayaran, juga memberikan PAD terhadap kota Banjarmasin sendiri.

Kasi Pengelolaan Bidang Sarana dan Pengelolaan Distribusi Disperindag Kota Banjarmasin, Ridho
Kasi Pengelolaan Bidang Sarana dan Pengelolaan Distribusi Disperindag Kota Banjarmasin, Ridho (Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani)

" Karena untuk target 2019 ini, penerimaan asli daerah yang harus dicapai lewat pasar Rp 7,3 miliar. Sedangkan sampai peroktober tadi, kami sudah mencapai 82 persen atau Rp 5,7 miliar," jelasnya.

Ridho juga menambahkan demi mengantisipasi kembali hilangnya data base terutama wajib retribusi pasar pasca kebakaran Kamis (24/10/2019) lalu, ke depan pihaknya akan melakukan penyimpanan di beberapa tempat.

Lekukan Tubuh Luna Maya, Nia Ramadhani Saat Viral Video Syur Gisella Anastasia & Nagita, Endorse?

Warga Cerbon Batola Gembira Jembatan Sungai Puting Bisa Dilewati

Sikap Tak Terduga Ahmad Dhani Saat Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Suami Mulan Jameela Marah?

Hal itu selain memudahkan pihaknya melakukan monitoring meskipun musibah serupa kembali terjadi, juga menghilangkan kekhawatiran pedagang yang telah membayar retribusi namun tidak terekap.

" Iya meskipun kami tidak berharap kejadian seperti bulan lalu kembali terjadi. Tapi itu setidaknya menjadi pelajaran ke depan," tutupnya. (banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved