Berita Batola

Petani Jejangkit Batola Lebih Irit Biaya Panen Padi Pakai Mesin Combine Harvester Dibanding Manual

Panen lebih hemat dengan alat Combine Harvester bisa lebih murah. Panen padi 1 hektar padi bisa selesai dalam satu hari dengan alat Combine Harvester

Petani Jejangkit Batola Lebih Irit Biaya Panen Padi Pakai Mesin Combine Harvester Dibanding Manual
BANJARMASINPOST.co.id/edi nugroho
Panen perdana bersama padi dengan Combine Harvester atau mesin pemanenan, perontokan dan pembersihan padi di lokasi Demfarm Serasi (Selamatkan rawa sejahtera petani) Badan Litnbang Pertanian, Rabu (6/11/19) siang di Desa Jejangkit Muara, Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Petani jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Batola merasa gembira. Mereka mengeluarkan biaya yang lebih sedikit saat memanen padi dengan alat Combine Harvester atau mesin pemanenan, perontokan dan pembersihan padi dibandingkan memanen padi dengan cara manual atau tangan.

“Yaa jelas lebih irit biaya yang dikeluarkan panen padi dengan Combine Harvester dibandingkan dengan memanen cara manual tangan,” kata ketua kelompok tani karya membangun Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit Batola, Zainal Hakim saat panen perdana bersama di lokasi Demfarm Serasi (Selamatkan rawa sejahtera petani) Badan Litnbang Pertanian, Rabu (6/11/19) siang di Desa Jejangkit Muara, Batola.

Menurut Hakim, dengan alat alat Combine Harvester, maka panen padi itu kena Rp 6 ribu per blak. Sementara dengan membayar warga untuk memanen padi dengan tangan atau manual itu kena Rp 10 ribu sampai Rp 12 ribu per blek.

Ribuan Petani Ikuti Panen Perdana Bersama di Lokasi Demfarm Serasi Jejangkit Batola, Ini Hasilnya

Ceramah Ustadz Abdul Somad Tentang Hukum Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Rabiul Awal 2019

“Jadi panen lebih dengan alat Combine Harvester bisa lebih murah. Panen padi 1 hektar padi bisa selesai dalam satu hari dengan alat Combine Harvester. Kalau panen padi dengan tangan, maka 1 hektar bisa satu minggu,” katanya.

Ditambahkannya, jika membayar warga untuk memanen padi tentu harus mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk biaya makan pekerja. Alat Combine Harvester bisa bekerja nonstop selama 9 sampai 10 jam per hari.

“Dalam satu hari, alat Combine Harvester bisa memanen padi satu sampai dua hektar,” katanya. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved