Berita Balangan

DPMD Balangan Dorong Desa Pasang Jaringan Internet Menggunakan APBDDes

2020 mendatang, setiap desa di Kabupaten Balangan diharuskan memiliki akses internet. Khususnya di kantor Balai Desa.

DPMD Balangan Dorong Desa Pasang Jaringan Internet Menggunakan APBDDes
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- 2020 mendatang, setiap desa di Kabupaten Balangan diharuskan memiliki akses internet. Khususnya di kantor Balai Desa. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar.

Terangnya, saat ini DPMD Balangan telah mendorong agar setiap desa menyediakan layanan internet tersebut. Khususnya untuk aktivitas pelayanan online bagi aparatur desa.

"Kami mendorong desa memanfaatkan dana desa sebaiknya, karena 2020 menjelang Siskeudes online. Sehingga gunakan anggaran desa sebaik-baiknya" ucap Urai.

"Kalau bisa, wajib memiliki akses internet," tambahnya.

FAKTA Lenyapnya Prinsa Shafira dari Indonesian Idol 2019, dari Tak Muncul hingga Hal Menyedihkan Ini

Marcus/Kevin Menang! Live Streaming TVRI Fuzhou China Open 2019 Babak 16 Besar, Cek Link Usee TV

Terciduk! Roger Danuarta & Cut Meyriska Ciuman Bibir di Tempat Umum, Kolom IG Fans Langsung Begini

Urai pun meakui ada beberapa desa yang masih tidak memiliki jaringan internet. Namun lebih didominasi desa yang punya akses internet tersebut. Terlebih Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan ujar Urai bakal memasang jaringan internet pada tahun 2020 mendatang.

Jelasnya, selama ini beberapa desa yang tidak memiliki akses internet harus ke desa lain untuk mendapatkan jaringan. Sebagaimana untuk pembayaran pajak yang dilakukan secara online.

Belajar dari hal tersebut, Urai pun meyakini kalau desa bisa memiliki akses internet mereka tersendiri, melalui anggaran desa yang bisa digunakan. Sementara untuk vendor yang digunakan, tergantung dari desa tersebut dan tidak diharuskan bekerjasama dengan layanan tertentu.

Ia juga mengharapkan agar akses internet juga bisa digunakan oleh masyarakat. Selain itu, ke depan paparnya, apabila seluruh desa sudah menggunakan jaringan komunikasi internet, tentunya pengelolaan pelayanan desa pun akan lebih baik. Khusunya untuk layanan online.

Selain itu, akan lebih terintegrasi dan mempemudah pelayanan terhadap masyarakat Tak kalah penting sebut Urai adalah meningkatkan kualitas pelayanan untuk warga desa.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan, Syarif Ubaidillah menerangkan, pihaknya akan bekerja sama dengan DPMD Balangan perihal akses layanan internet di Desa.

Melalui kerjasama tersebut ujar Ubai, DPMD bisa mengarahkan desa untuk menggunakan APBDDes pada pelayanan komunikasi. Khususnya pemasangan jaringan internet. Baik untuk desa maupun dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

"Kami juga telah melakukan koordinasi dengan DPMD untuk menangani kondisi blank spot di desa. DPMD diharapkan bisa memprogramkan hal tersebut, baik melalui dana desa maupun dana dari masyarakat," ucap Syarif.

Terlebih paparnya, Dinas Kominfo Balangan juga yelah bekerjasama dengan Kementrian Kominfo dan Kementrian Dalam Negeri. Sehingga apabila bisa dicanangkan, maka bisa dianggarkan dari APBDDes dan tentunya, DPMD pun membantu mendorong hal tersebut.

Ubai juga berharap agar semua desa meanggarkan dana untuk akses layanan internet. Selain untuk mempemudah komunikasi, kinerja pun tentu akan lebih meningkat. Apalagi terangnya, beberapa pelayanan di desa juga telah dilaksakan secara online. Sehingga ke depan diharapkan pelayanan desa semakin efektif dan efisien.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved