KalselPedia

KalselPedia - Kabupaten Banjar Masa Kini, Ada 19 Kecamatan dan 277 Desa

Kabupaten Banjar adalah sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan. Ibu kota Kabupaten Banjar berada di kota Martapura.

KalselPedia - Kabupaten Banjar Masa Kini, Ada 19 Kecamatan dan 277 Desa
Banjarmasinpost.co.id/Nia kurniawan
Salah satu jalan di Kota Martapura, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabupaten Banjar adalah sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan. Ibu kota Kabupaten Banjar berada di kota Martapura. Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Kalimantan Selatan dengan luas wilayah mencapai 4.668, 50 Km2.

Terbagi dalam 19 kecamatan dengan 277 desa, 13 kelurahan dan berdasarkan hasil sensus tahun 2010, jumlah penduduk sebanyak 506.839 jiwa.

Luas wilayah ±4.668,50 Km2, merupakan wilayah terluas ke 3 di Prop. Kalsel setelah Kab. Kotabaru dan Kab. Tanah Bumbu Terdiri dari 19 Kecamatan, 277 Desa dan 13 Kelurahan. Jumlah Penduduk 506.839 Jiwa (Laki-laki 257.320 jiwa dan Perempuan 249.519 jiwa) Berbatasan dengan : Sebelah Utara dengan HSS & TapinSebelah Selatan dengan Banjarbaru & Tanah LautSebelah Timur dengan Kotabaru & Tanah BumbuSebelah Barat dengan Batola & Banjarmasin

KalselPedia - Inilah Kawasan Kos Mahasiswa dan Karyawan di Kota Banjarmasin

KalselPedia: Sejarah Lahirnya Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Cabang Banjarmasin

KalselPedia: Kawasan Jalan Tergenang Air di Banjarmasin

Untuk wilayah pegunungan banyak dimanfaatkan sebagai lahan tambang batu bara. Oleh karenanya Kabupaten Banjar selain dikenal sebagai penghasil intan juga dikenal sebagai penghasil batu bara.

Kabupaten Banjar berada di kaki pegunungan meratus, sehingga berpotensi terdapat sumberdaya mineral berupa bahan-bahan tambang, diantaranya : nikel, kromit, emas, intan, kaolin , batu gunung, batu bara, mangan dan besi.

Bagian barat Kabupaten Banjar merupakan wilayah datar dan daerah pasang surut yang sebagian diantaranya diperuntukan sebagai lahan pertanian sawah barat.

Sedangkan di bagian timur berupa daerah berbukit, kebanyakan di tumbuhi padang alang-alang, semak belukar dan hutan primer dan sebagian diantaranya diperuntukan sebagai lahan sawah timur.

Secara geologis wilayah Kabupaten Banjar terbentuk dari batuan endapan alluvial, gambut, delta sungai dan rawa yang menyebar hampir di semua kecamatan, kecuali Kecamatan Aranio, Pengaron, Sungai Pinang, Paramasan dan Karang Intan.

Di sebelah timur dari utara sampai selatan membentang kaki Pegunungan Meratus yang berbatasan dengan Kecamatan Pengaron, Sungai Pinang, Paramasan, Aranio dan Karang Intan. Khusus kecamatan Sungai Pinang dan Paramasan struktur geologinya juga di bentuk oleh batuan Maesozoikum dan batuan kapur.

Kabupaten Banjar juga memiliki bendungan Riam Kanan seluas 7.000 Ha yang merupakan sumber air bagi pembangkit listrik PLTA Ir. Pangeran Muhammad Noor dan irigasi bagi pertanian.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved