Berita Tanahbumbu

PT UBJ Harap Kesejahteraan Warga Meningkat, Gelar Penyuluhan Pertanian dan Sosialisasi Pupuk Organik

Kegiatan di lahan berukuran cukup luas berada di lingkungan RT 22, 23, 24 dan 25, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, berawal dari ide Danramil.

PT UBJ Harap Kesejahteraan Warga Meningkat, Gelar Penyuluhan Pertanian dan Sosialisasi Pupuk Organik
ist/PT UJB
PT Usaha Baratama Jesindo melaksanakan kegiatan Penyuluhan Pertanian Dan Sosialisasi Pupuk Organik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Sebuah terobosan dilakukan PT Usaha Baratama Jesindo. Melalui kerja sama Kodim 1022/TNB, Dinas Pertanian perusahaan bergerak di sektor pertambangan melaksanakan kegiatan bertajuk Penyuluhan Pertanian Dan Sosialisasi Pupuk Organik, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan mengusung tema "Memberdayakan Wilayah Pertanahan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh" ini pun disambut baik semua pihak terlibat, terlebih para kelompok tani (Poktan).

Kegiatan dilakukan di lahan berukuran cukup luas berada di lingkungan RT 22, 23, 24 dan 25, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, berawal dari ide Danramil 1022-04/SATUI Kapten Aries PH.

Sayang tidak dimanfaatkan, lahan tidur itu oleh perwakilan masyarakat menginginkan pencetakan sawah baru. Dengan harapan dapat membuka lapangan pekerjaan di sektor pertanian, namun juga mendukung program pemerintah untuk percepatan swasembada pangan.

Melalui Danramil kemudian mengadakan rapat sehingga terbentuk empat kelompok tani, antara lain Poktan KArya Darma, Mandiri, Karya Bakti, dan Usaha Kita.

Alhasil terbentuknya Poktan, melalui Danramil selanjutnya mengajukan proposal bantuan ke PT Usaha Baratama Jesindo sebagai Perusahaan tambang pemegang IUP OP yang beroperasi di sekitar Desa Sungai Danau.

Dari usulan tersebut oleh PT Usaha Baratama Jesindo, ditindak lanjuti dengan dilakukan pencetakan sawah baru. Adapun pekerjaan yang berhasil dilaksanakan baru meliputi tiga desa. Desa Sungai Danau 146,56 ha, Desa Makmur Mukia 20,42 ha, danDesa Satui Timur 13,95 ha.

Tidak cuman itu, mendukung kegiatan petani. Pihak perusahaan juga membuatkan jalan usaha tani yang refresentatif. Selain jalan utama lebar 6 meter, sepanjang 2,5 km. Perusahaan juga membuatkan jalan sekunder selebar 4 meter, sepanjang 5 km, dan jalan tersier lebar 2,5 meter, sepanjang 4,5 km.

Kemudian pembuatan saluran Irigasi antara lain, saluran primer 3 km, sekunder 5 km, sal tersier 4,5 km.

"Seiring waktu kelompok tani yang dulu hanya 4 kelompok berkembang menjadi 7 kelompok, dengan penambahan 3 kelompok yaitu, Poktan Maju Bersama, Karya Berkat Bersatu, dan Karya Maju," kata Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Usaha Baratama Jesindo Fanani Subekti ST.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved