Berita Kabupaten Banjar

Reakreditasi Berlangsung, Tim Surveyor Persyaratkan Ini pada Puskesmas di Kabupaten Banjar

Selama empat hari sejak Kamis (07/11/2019) hari ini, Tim Surveyor bidang kesehatan dari luar daerah 'bergerak' di Kabupaten Banjar

Reakreditasi Berlangsung, Tim Surveyor Persyaratkan Ini pada Puskesmas di Kabupaten Banjar
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Kepala UPT Puskesmas Martapura 1 dr Hj Siti Nurmah Megawati (kiri) menyatakan komitmennya berada di tempat selama rekareditasi berlangsung, Kamis (7/11). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Selama empat hari sejak Kamis (07/11/2019) hari ini, Tim Surveyor bidang kesehatan dari luar daerah 'bergerak' di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Setidaknya ada dua institusi yang didatangi yakni Puskesmas Martapura 1 dan Simpangempat.

Kehadiran mereka guna melakukan reakreditasi terhadap pelayanan masyarakat. Tim bergerak ke tujuan masing-masing yakni ke UPT Puskesmas Martapura 1 dan Simpangempat.

Selama proses reakreditasi berlangsung, mereka mempersyaratkan hal khusus kepada manajemen puskesmas. "Kepala puskesmas tak boleh meninggalkan tempat, tak boleh kemana-mana. Kalau Kepala Puskesmas pergi, kami juga akan pergi," ucap dr Sudarwati, surveyor UKP dari Semarang (Jawa Tengah).

Tim Surveyor yang datang ke Puskesmas Martapura 1 sebanyak tiga orang, yang berasal dari daerah berbeda. Dua orang lainnya yakni Sri Mulyani dari Ngawi, Jawa Timur (surveyor admin) dan
dr Susana Indah Wati dari Malang, Jawa Timur selaku surveyor UKP.

FAKTA Lenyapnya Prinsa Shafira dari Indonesian Idol 2019, dari Tak Muncul hingga Hal Menyedihkan Ini

Omelan Raffi Ahmad pada Nagita Slavina Saat di Labuan Bajo, Ibu Rafathar: Aku Dimarahin Terus!

Gugatan Cerai Barbie Kumalasari pada Galih Ginanjar Ternyata Sempat Dipikirkan Seteru Nikita Mirzani

Penegasan tersebut disampaikan Sudarwati pada acara pembukaan kegiatan reakreditasi di aula pertemuan di lantai dua UPT Puskesmas Martapura 1. Acara ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Banjar Ikhwansyah, anggota DPRD Banjar Ratu Juhriah, Lurah Martapura Gusti Marhusin beserta unsu rmuspika, Rehana (pejabat Bapelkes Kalsel), dan kalangan tokoh masyarakat.

Sudarwati menerangkan keberadaan kepala UPT Puskesmas penting selama kegiatan survei berlangsung. Pasalnya banyak hal yang akan digali mengenai berbagai aspek yang semuanya juga mesti dijelaskan oleh pimpinan unit.

Kepala UPT Puskesmas Martapura 1 dr Hj Siti Nurmah Megawati pun spontan menyanggupi permintaan tersebut. Bahkan kesanggupannya tersebut ia tuangkan dalam pernyataan tertulis dan ia bacakan di hadapan Tim Surveyor dan undangan.

"Saya siap berada di tempat dan akan membantu segala hal yang diperlukan Tim Surveyor," tegas Nurmah.

Sementara itu anggota DPRD Banjar Ratu Juhriah berharap Tim Surveyor dapat melakukan kegiatan reakreditasi secara objektif. Dengan begitu output yang dihasilkan akan membawa dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas Martapura 1.

"Perlu kami tegaskan, DPRD Banjar siap memberikan dukungan, baik dari aspek legislasi maupun anggaran untuk memperkuat pelayanan di Puskesmas Martapura 1. Semoga setelah reakreditasi ini rampung, grade Puskesmas Martapura 1 naik sehingga pelayanan juga tambak baik," harapnya.

Senada diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Banjar Ikhwansyah yang juga mengharapkan kegiatan reakreditasi membawa dampak positif terhadap penguatan pelayanan di Puskesmas Martapura 1. "Puskesmas ini termasuk yang bagus dalam hal layanan. Semoga melalui reakreditasi tambah meningkat lagi," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved