Breaking News:

Berita Banjarbaru

Sebelum Akhir Tahun, Pemotongan Pohon Rawan Tumbang di Banjarbaru Ditarget Rampung, Ini Kendalanya

Sudah ada beberapa pohon yang memang sudah ditebang, namun masih banyak pohon yang bertanda silang yang masih belum ditebang.

HO/Disperkim Banjarbaru
Petugas Disperkim Banjarbaru, pangkas daun sebelum batangnya dipotong. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Sejumlah pohon besar di sepanjang jalan A Yani Kota Banjarbaru yang membahayakan pengguna jalan sampai saat ini masih belum selesai dipotong oleh Dinas Perumahan dan Permukinan (Perkim) Kota Banjarbaru.

Dari total 18 batang yang akan dipotong, baru ada tujuh yang sudah selesai dipotong. Perkim Kota Banjarbaru menargetkan secepatnya akan segera dipotong sebelum akhir tahun.

"Masih ada pohon yang belum di potong. Kita berharap, dinas terkait bisa segera memotong pohon-pohon yang rawan roboh itu," kata Yuliza, Kamis, (7/11).

Dikatakannya, sudah ada beberapa pohon yang memang sudah ditebang, namun masih banyak pohon yang bertanda silang yang masih belum ditebang.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (P3JU) Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarbaru Jainah Muchran mengatakan proses pemotongan pohon tidak bisa dilakukan sembarangan.

Pemko Banjarmasin Menangi Gugatan Reklame Bando, Pengusaha Advertising Pikirkan Lakukan Banding

16 Tersangka Dibekuk Selama Operasi Antik Intan, 1 di Antaranya Terpidana Pengendali Lapas Kotabaru

"Petugas kita dilapangan melakukan pemotongan batang pohon pada malam hari, agar tidak menggangu arus lalu lintas di jalan," katanya, kemarin.

Pemotongan pohon dilakukan dari arah bundaran Banjarbaru ke arah dalam kota di sepanjang Jalan A Yani.

"Target kita tiap malam, minimal ada dua pohon yang dipotong. Petugas kita yang turun memotong pohon itu hanya ada tiga orang. Sehingga, pemotongan dilakukan dengan hati-hati," bebernya.

Apalagi, batang pohon yang ditebang itu ukurannya cukup besar sehingga memerlukan fisik yang prima dan kemampuan teknik memotong pohon yang baik.

"Tidak mudah memotong pohon yang besar dan tinggi. Jadi harus dipangkas dulu daun-daunnya. Baru dipotong batangnya. Untuk pemangkasan daun bisa dilakukan saat siang hari, sehingga saat malam hari dilanjutkan dengan pemotongan batangnya" lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved