Berita Balangan

Tim Penilaian Adipura Kunjungi Pemkab Balangan, Ini Kata Kadis LH Balangan

Pada kedatangan tersebut, diketahui, tim penilai melakukan pengecekan secara langsung pada 32 item yang menjadi standar penilaian Adipura.

Tim Penilaian Adipura Kunjungi Pemkab Balangan, Ini Kata Kadis LH Balangan
Dok Kominfo Balangan untuk BPost Group
Ilustrasi Pembinaan teknis adipura Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Beberapa waktu lalu tim verifikasi penilaian Adipura dari pemerintah pusat mengunjungi Kabupaten Balangan.

Pada kedatangan tersebut, diketahui, tim penilai melakukan pengecekan secara langsung pada 32 item yang menjadi standar penilaian Adipura.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa menerangkan, dari kedatangan tersebut, tim penilai pun mendatangi beberapa lokasi. Khususnya kawasan perkantoran, TPS dan permukiman serta taman.

Dari hasil penilaian itu, Musa mengatakan ada beberapa komponen yang mendapatkan nilai di bawah standar. Di antaranya adalah permukiman dan taman. Namun secara keseluruhan, hasil penilaian tersebut mencapai angka 74.

"Apabila standar penilaian rata-rata adalah 73, maka Kabupaten Balangan akan lolos dalam penilaian Adipura ini. Namun jika ditinggikan, kami berharap segala berkas yang kami lampirkan untuk syarat mendapatkan Adipura bisa jadi pertimbangan" ucap Musa, Kamis (7/11/2019).

DLH Tabalong Tunjuk Petugas Pemilah dan Pencatat Sampah di Setiap TPS

Ia juga mengatakan segala syarat yang diinformasikan untuk penilaian Adipura sudah dipenuhi oleh Pemkab Balangan. Selain itu, pihaknya pun optimis untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Namun tak cukup itu, Musa mengatakan untuk mencapai hasil maksimal diperlukan adanya sinegritas antar pimpinan SKPD pada jajaran Pemkab Balangan. Sehingga ke depannya penilaian akan menghasilkan yang terbaik.

Kondisi perkantoran pada tiap SKPD pun ujar Musa tak luput dari perhatian. Nampaknya hal itu juga menjadi standar penilaian dalam Adipura.

Bupati Balangan, Ansharuddin juga menyampaikan hal serupa, meski tidak mengharuskan untuk mendapatkan penghargaan ataupun sertifikat untuk Adipura, ia menekankan agar para ASN lebih menjaga kebersihan kantor masing-masing.

Jangan sampai ujar Ansharuddin, ASN yang berada di kantor malah tidak nyaman pada tempat kerjanya. Selain itu, estetika kantor pun menurut orang nomor satu di wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini juga harus diperhatikan.

Tim penilaian Adipura mendatangi perkantoran di Pemkab Balangan. Ansharuddin mengatakan tim penilai pun sudah melihat bagaimana kondisinya. Lantas baginya, sangat disayangkan apabila penilaian kedua keadaan kantor menurun pada nilai.

Jalankan Program HSU Bersemi, Personil Polres HSU Minta Warga Hindari Miras

"Kami sangat menginginkan bagaimana keadaan kantor enak dipandang, dilihat dan ditempati. Bagaimana ruang tamu dan pimpinan. Sehingga apabila di kantor maka akan terasa suasana yang nyaman," ucap kepala daerah Balangan ini.

Ia mengatakan, kali ini bukan hanya mengenai penghargaan, melainkan bagaimana manifestasi yang dikerjakan dapat terealisasi dan memperlihatkan kalau Balangan adalah tempat yang dianggap indah.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved