Berita HST

KPU HST Minta Tambahan Anggaran Rp 3,5 Miliar untuk Penyelenggaraan Pilkada 2020, Ini Alasannya

KPU Kabupaten Hulu Sungai mengajukan anggaran tambahan untuk penyelenggaran pemilihan kepala daerah pada 2020 mendatang.

KPU HST Minta Tambahan Anggaran Rp 3,5 Miliar untuk Penyelenggaraan Pilkada 2020, Ini Alasannya
Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi
Ilustrasi - Mahasiswa dan santri membantu melipat surat suara di Kantor KPU HST, Kamis (14/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai mengajukan anggaran tambahan untuk penyelenggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Tak tanggung-tanggung, anggaran yang diusulkan sebesar Rp 3,5 miliar. Ketua KPU HST, Johransyah, membeberkan jika penambahan anggaran tersebut untuk sekretariat KPU ke bawah.

Besaran kenaikan bervariasi. “Kami menganggarkan maksimal dengan total Rp 3,5 miliar. Karena ini sudah disetujui oleh KPU Pusat,” bebernya.

Padahal, sebelumnya juga sudah ada Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara KPU HST dengan Pemkab HST. Dalam NPHD KPU mendapat hibah sebesar Rp 22 miliar. Dengan pembagian sebesar Rp 750 juta di APBDP 2019 dan Rp 21,25 miliar di APBD Murni 2020.

Ia menyadari jika anggaran Pemkab HST sedang defisit. Namun, menurutnya ini juga amanah dari pusat. “Ini masih pengusulan. Daerah lain juga belum ada ketetapannya. Apakah nanti akan mengikuti daerah tetangga kami tidak tahu,” jelasnya.

Uang Tabungan Rp 10 Juta Hangus, Kartinah Korban Kebakaran Terpaksa Tidur di Los Pasar Raya Rantau

14 Hari Gelar Operasi Zebra Intan 2019, Polres Batola Terbitkan 1.019 e-Tilang

Jika Pemkab HST tidak menyetujui anggaran susulan ini, ia mengaku tak dapat berbuat apa-apa. Namun, ia yakni jika tak disetujui akan ada jalan tengah yang bakal diberikan Kementerian Keuangan kepada Pemkab.

Dicontohkannya, NPHD di daerah yang yang terlambat karena perkara ketidaksepakatan anggaran. Akhirnya dibantu oleh pusat.

“Jika pemkab tidak mampu kami berharap pusat dapat membantu. Lagi pula anggaran daerah juga berasal dari pusat,” jelasnya.

Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, mengaku sudah menerima usulan dari KPU HST terkait wacana penambahan anggaran.

Namun, ia berharap KPU dapat menggunakan anggaran yang ada mengingat anggaran daerah sedang tidak bagus.

“Tapi terus terang yang tahu ini Sekda. Berapa besaran yang disetujui. Apakah kita mampu memberi tambahan atau tidak. Karena sampai saat ini saya belum menerima laporannya,” jelasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka  Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved