Jembatan Rumping Ditabrak Tongkang

Sering Ditabrak Tongkang Batu Bara, Beberapa Kali Tiang Pengaman Jembatan Rumpiang Hilang

Sering Ditabrak Tongkang Batu Bara, Beberapa Kali Tiang Pengaman Jembatan Rumpiang Hilang

Sering Ditabrak Tongkang Batu Bara, Beberapa Kali Tiang Pengaman Jembatan Rumpiang Hilang
Akbar untuk Banjarmasinpost.co.id
Seorang warga memperlihatkan cor semen tiang Jembatan Rumpiang yang tersenggol badan tongkang batu bara MBP 1512 Selasa (24/9/19) 03.30 Wita lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Sering Ditabrak Tongkang Batu Bara, Beberapa Kali Tiang Pengaman Jembatan Rumpiang Hilang

Siapa yang tak kenal dengan Jembatan Rumpiang. Jembatan ini membentang di atas sungai Barito, Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala.

Jembatan ini diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 25 April 2008.

Dengan hadirnya jembatan tersebut akan memperlancar arus lalu lintas dari Kota Marabahan menuju Banjarmasin dan sebaliknya yang sebelumnya harus menggunakan kapal feri untuk menyeberangi Sungai Barito.

Ketenaran jembatan Rumpiang kembali terangkat ke permukaan, setelah kesekian kalinya tongkang batu bara kembali menabrak tiang pengaman atau pander di jembatan Jembatan Rumpiang di Desa Rumpiang, Kelurahan Marabahan Kota, Kabupaten Batola.

FAKTA Lenyapnya Prinsa Shafira dari Indonesian Idol 2019, dari Tak Muncul hingga Hal Menyedihkan Ini

KEUTAMAAN Sholat Duha, Urusan Lancar & Raih Ampunan, Ustaz Abdul Somad Jelaskan Soal Tanduk Setan

HEBOH, Angeli Emitasari, Pedangdut Cantik Ini Pilih Jadi Kepala Desa dan Tinggalkan Dunia Ngebor

Kejadian terakhirnya tepatmnya Selasa (24/9/19) subuh lalu. Akibat senggolan tongkang batu bara tersebut, fender atau tiang pengaman Jembatan Rumpiang roboh dan tenggelam ke Sungai Barito.

Pagi tersebut sebuah tongkang kosong MBP 1512 yang ditarik tug boat BMP 3210 berlayar dari Kota Banjarmasin tujuan Klanis dengan keadaan air Sungai Barito pasang.

Saat mendekati Jembatan Rumpiang, mereka segera berpapasan dengan tug boat MBP 3212 yang menarik tongkang Bakau bermuatan batu bara dari Klanis dengan tujuan Tabanio.

Pihak kepanduan dari Dinas Perhubungan sudah memberi tahu tug boat MBP 3210 agar memutarkan haluan guna memberi jalan kepada tug boat MBP 3212 yang segera melintas di bawah jembatan.

Namun dengan kondisi arus deras, tug boat MBP 3210 tidak sempat membawa tongkang kosong MBP 1512 untuk memutar haluan.

Akibatnya tongkang terseret ke pinggir dan menyenggol fender atau tiang pengaman jembatan Rumpiang hingga tenggelam.

Tidak hanya fender, tongkang MBP 1512 juga sempat menggerus cor semen yang mengelilingi kaki jembatan Barito bagian luar.

Kapolres Batola, AKBP Bagus Suseno, SIK MH melalui Kepala Satuan Polisi Air Polres Batola, Iptu Dading Kalbu Adie, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tongkang batu bara kembali menabrak tiang pengaman atau pander di jembatan Jembatan Rumpiang di Desa Rumpiang, Kelurahan Marabahan Kota, Kabupaten Batola Selasa (24/9/19) subuh.

“Iya memang benar, tongkang batu bara kembali menabrak tiang pengaman atau fender Jembatan Rumpiang. Kita harapkan sopir kapal tugboat yang menarik tongkang untuk lebih berhati-hati masuk wilayah perairan Jembatan Rumpiang,“ harapnya.

(Banjamasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved