Breaking News:

Jembatan Rumpiang Ditabrak Tongkang

Sering Ditabrak Tongkang Batu Bara, Dikhawatirkan Jembatan Rumpiang Runtuh

Beberapa kali tiang pengaman Jembatan Rumpiang hilang ditabrak tongkang batu bara merupakan hal serius dan bisa membahayakan

Penulis: Edi Nugroho | Editor: Didik Triomarsidi
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Jembatan Rumpiang yang membentang di atas Sungai Barito, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Beberapa kali tiang pengaman Jembatan Rumpiang hilang ditabrak tongkang batu bara merupakan hal serius dan bisa membahayakan kontruksi jembatan yang pada akhirnya bisa meruntuhkan jembatan.

Untuk itu, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI pun mengundang dan meminta bantuan tim teknis dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk mencek keamanan Jembatan Rumpaing pasca fender atau tiang pengaman Jembatan Rumpiang hilang ditabrak tongkang batu bara Selasa (24/9/19) lalu.

“Iya kita akan mengundang tim teknis Kementrian PUPR untuk memastikan kesehatan jembatan Rumpiang. Saat fender ditabrak tongkang, pilar jembatan juga sempat tersentuh tongkang,” kata Widya Kusumo pejabat pembuat komitmen (PPK) Provinsi Kalsel Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI, Jumat (8/11/19).

Tiba-tiba! Ayu Ting Ting Bagikan Undangan Pernikahan Disebut Sosok Ini, Robby Purba Pun Kaget

FAKTA Lenyapnya Prinsa Shafira dari Indonesian Idol 2019, dari Tak Muncul hingga Hal Menyedihkan Ini

Tiang Pengaman Jembatan Rumpiang Tenggelam di Sungai Barito, PPK Kalsel: Perusahaan Harus Mengganti!

Menurut Wimo, meski beberapa kali fender tertabrak tongkang tidak masalah asal tidak menabrak pilar jembatan Rumpiang. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Batola terkait tongkang batu bara yang menabrak fender jembatan rumpiang.

Tongkang batu bara yang menabrak tiang pengaman Jembatan Rumpiang, Kabupaten Batola, Selasa (16/10/18) pukul 04:30 Wita silam.
Tongkang batu bara yang menabrak tiang pengaman Jembatan Rumpiang, Kabupaten Batola, Selasa (16/10/18) pukul 04:30 Wita silam. (Akbar untuk Banjarmasinpost.co.id)

“Informasi terakhir tongkang batu bara penabrak fender Jembatan Rumpian ditahan,” kata Wimo.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI, sambung Wimo, sudah menerima kedatangan dari pihak perusahaan atau pemilik penabrak tongkang dan langsung digelar rapat koordinasi.

Dalam rapat koordinasi tersebut, hadir dari pihak asuransi tongkang dan perusahaan pemilik tongkang batu bara bersedia melakukan penggantian fender dan perbaikan pilar jembatan rumpiang.

Tongkang batu bara yang menabrak tiang pengaman Jembatan Rumpiang, Kabupaten Batola, Selasa (16/10/18) pukul 04:30 Wita silam.
Tongkang batu bara yang menabrak tiang pengaman Jembatan Rumpiang, Kabupaten Batola, Selasa (16/10/18) pukul 04:30 Wita silam. (Akbar untuk Banjarmasinpost.co.id)

“Pihak pemilik tongkang juga bersedia melakukan pengamanan pilar jembatan Rumpiang dari saat fender saat runtuh sampai saat selesai pekerjaan fender tersebut,” katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved