Berita Internasional

Terbukti Warga Vietnam, 39 Mayat Dalam Kontainer Truk Inggris Membawa Kesedihan Keluarga Korban

Polisi Inggris menyatakan, 39 mayat yang ditemukan dalam kontainer truk pada Oktober lalu diidentifikasi warga negara Vietnam.

Terbukti Warga Vietnam, 39 Mayat Dalam Kontainer Truk Inggris Membawa Kesedihan Keluarga Korban
AFP/BEN STANSALL
Polisi Inggris menyatakan, 39 mayat yang ditemukan dalam kontainer truk pada Oktober lalu diidentifikasi warga negara Vietnam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, LONDON - Polisi Inggris menyatakan, 39 mayat yang ditemukan dalam kontainer truk pada Oktober lalu diidentifikasi warga negara Vietnam.

Diberitakan AFP Kamis (7/11/2019), polisi setempat menyatakannya setelah melakukan pemeriksaan dibantu otoritas dari negara Asia Tenggara itu.

Kedutaan Besar Vietnam di London menyatakan "sangat sedih" dengan kebenaran 39 mayat yang ditemukan pada 23 Oktober lalu di kontainer truk.

"Sekali lagi, kami ingin menyampaikan dukacita sekaligus simpati kami yang paling dalam kepada keluarga korban," ujar kedutaan.

AKSI Merugikan Anang Hermansyah, Jadi Tukang Parkir 2 Mobil Tabrakan, Sami Ashanty Rugi Puluhan juta

FAKTA Lenyapnya Prinsa Shafira dari Indonesian Idol 2019, dari Tak Muncul hingga Hal Menyedihkan Ini

Perceraian Barbie Kumalasari & Galih Ginanjar Tak Terelakkan Kata Sosok Ini, Gara-gara Kriss Hatta?

Kedubes menambahkan, pemerintah akan menyediakan bantuan dan perlindungan konsuler bagi keluarga yang hendak membawa jenazah kerabat mereka.

Kepolisian Essex, Inggris, yang melakukan penyelidikan, mengumumkan keluarga jenazah 31 pria dan 8 perempuan itu sudah diberi tahu.

Para korban ditemukan ketika truk itu sampai ke pelabuhan luar London setelah menumpang feri dari Belgia pada 23 Oktober dini hari.

Polisi Essex awalnya yakin bahwa jenazah yang ditemukan adalah warga negara China, hingga sejumlah keluarga Vietnam mengaku khawatir ada kerabat mereka yang ikut.

Kementerian Keamanan Umum Vietnam juga membenarkan korban berasal dari negara mereka, dengan lokasi tersebar di enam provinsi.

Polisi Inggris pun menjerat si sopir yang berasal dari Irlandia Utara dengan tuduhan pencucian uang, pembunuhan, hingga membantu migran ilegal.

Otoritas Negeri "Ratu Elizabeth" juga dalam proses mengekstradisi terduga pelaku lain dari Irlandia, dan mengembangkan jika ada jaringan lain yang terlibat.

Sementara dari Hanoi, ada 11 orang yang ditangkap karena diduga membantu mereka menyeberang secara ilegal. Namun belum ada yang dijerat pasa pidana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "39 Mayat yang Ditemukan di Dalam Kontainer Truk Inggris Terbukti sebagai Warga Vietnam",

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved