Berita Balangan

Angin Deras di Kecamatan Halong, Sejumlah Rumah Warga di Dua Desa Terdampak Rusak

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak sore hingga malam, Sabtu (9/11/2019) di wilayah Balangan membuat beberapa rumah alami kerusakan.

Angin Deras di Kecamatan Halong, Sejumlah Rumah Warga di Dua Desa Terdampak Rusak
HO/BPBD Balangan
Bangunan milik warga di Desa Baruhpenyambaran, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan diterpa angin puting beliung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Sejumlah rumah di Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan terdampak angin puting beliung. Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak sore hingga malam, Sabtu (9/11/2019) di wilayah Balangan membuat beberapa rumah mengalami kerusakan.

Dari informasi yang disampaikan oleh Kasi Kedaruratan BPBD Balangan, Syuhada, ada kurang lebih 10 unit rumah yang mengalami kerusakan. Selain itu satu unit sarang burung walet juga diterjang angin.

Ada dua desa di Kecamatan Halong yang terdampak bencana angin puting beliung tersebut.

Di Desa Baruhpenyambaran, sarang burung walet rusak 100 persen. Selain itu satu unit mobil juga terdampak akibat kejatuhan pohon yang tumbang ditiup angin.

NEWSVIDEO: Desa Wonorejo di Kabupaten Balangan Disebut sebagai Desa Fiktif, Ini Komentar Warga

Ikuti Keingan Pedagang Disperindag Tabalong Hancurkan Sekat Pembatas Sekat Lapak Pasar Kelua

Empat unit rumah warga juga mengalami kerusakan di desa tersebut. Khususnya pada bagian atap.

Sementara insiden serupa juga menimpa permukiman penduduk di Desa Binjaipunggal Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Dari data yang disampaikan Syuhada pula, sedikitnya ada lima unit rumah yang terdampak di Desa Binjai. Kerusakan parah juga terjadi pada bagian atap

Tentunya, mendengar informasi terjadinya bencana alam, tim BPBD Balangan pun langsung mendatangi lokasi. Mereka mengambil tindakan cepat dan melakukan pendataan. Selain itu juga membantu pembersihan area.

"Saat ini kami juga menyiapkan logistik untuk segera disalurkan," ucap Syuhada.

Kondisi angin kencang yang merusak rumah-rumah penduduk itu juga disampaikan oleh Kapolsek Halong, Iptu Krismianto. Sebut Iptu Kris, hujan deras dan angin kencang memang terjadi di wilayah tersebut. Akibatnya beberapa bangunan pada dua desa terdampak.

"Beberapa rumah diterpa angin deras, atapnya beterbangan. Selain itu sejumlah pohon di pinggir jalan juga tumbang," ucap Iptu Kris.

Saat ini anggota Polsek Halong pun masih berada di lokasi. Mereka melakukan pendataan dan pengecekan pada sejumlah rumah warga yang terdampak bencana alam tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved