Berita Banjarmasin

Banjarmasin Keberatan Tipping Fee Hingga Rp1 Miliar Per Tahun

DINAS Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin merasa keberatan dengan biaya tipping fee atau retribusi layanan pengolahan sampah dari TPA regional di Gunung

Banjarmasin Keberatan Tipping Fee Hingga Rp1 Miliar Per Tahun
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
DUA sopir truk Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Banjarmasin, mengecek kondisi truk yang rencana awal untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Regional di Gunung Kupang Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - DINAS Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin merasa keberatan dengan biaya tipping fee atau retribusi layanan pengolahan sampah dari TPA regional di Gunung Kupang Banjarbaru.

Untuk kota ini yang diperkirakan per tahunnya mencapai Rp1 miliar per tahun.

“Iya kalau sudah diberlakukan cukup berat dan menjadi beban APBD kota. Setelah kita hitung, Tipping Fee atau retribusi layanan pengolahan sampah (tipping fee) ke TPA regional mencapai Rp 1 Milliar per tahunnya,” kata Kabid Kebersihan dan pengelolaan sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Marzuki Arbainsyah (Jack), Jumat (8/11/19).

Menurut Jack, sejak ada penolakan warga dengan keberadaan truk pengangkut sampah Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Baritokuala dan Tanahlaut (Banjar Bakula), Pemprov Kalsel pun membangun jalan alternatif untuk TPA regional.

Mohon Tertibkan Truk Masuk Kota dan Melintas di Fly Over Banjarmasin

Misteri Jin Pelaris Makanan Terungkap! Rumah Makan Pesugihan Ucap Roy Kiyoshi & Teman Roby Purba

“Tahun depan, TPA regional sudah operasional seperti yang diharapkan Pemprov Kalsel,” katanya.

Ditambahkanya, saat ini tinggal pertemuan lanjutan untuk pembicaraan tipping fee atau retribusi layanan pengolahan sampah dari TPA regional. Masalah tipping fee sudah dibicarakan saat awal konsep TPA regional dan pihak Banjarbakula sudah mengetahuinya. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved