Berita Banjarmasin

Komisi I DPRD Banjarmasin Temukan Dua Pelanggaran Aturan Soal Gedung Baru Duta Mall

Komisi I DPRD Kota Banjarmasin akhirnya memanggil Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ir Muryanta

Komisi I DPRD Banjarmasin Temukan Dua Pelanggaran Aturan Soal Gedung Baru Duta Mall
Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani
Kondisi Pemukiman RT 23 Kelurahan Melayu Rusak diduga akibat proyek pembangunan gedung baru Duta Mall Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi I DPRD Kota Banjarmasin akhirnya memanggil Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Ir Muryanta, untuk meminta penjelasan izin proyek pembangunan gedung baru Duta Mall Banjarmasin yang mengakibatkan belasan rumah di kawasan Jalan Veteran Gang V Sejati Kelurahan Melayu Kota Banjarmasin Kalsel mengalami retak-retak.

Salah satu anggota Komisi I DPRD Kota Banjarmasin, H Deddy Sophian, usai rapat kerja dengan Muryanta kepada pers, mempertanyakan apakah Duta Mall bisa membangun gedung baru tanpa memperoleh izin mendirikan bangunan (IMB).

“Pak Muryanta menjawab secara lugas tidak bisa,” kata Deddy.

Emoji Hati Ryochin Buat Luna Maya, Eks Reino Barack & Ariel NOAH Ini Terciduk Lakukan Chat Mesra

FAKTA Ibu Guru Biarkan Muridnya Dimangsa Sang Pacar, Main Bertiga, Siswi SMK Diam saat Digerayangi

Pesan Ruben Onsu Sebelum Meninggal Dunia Pasca Heboh Wasiat Eks Raffi Ahmad, Ini Ucap Ayah Betrand

Menurut Deddy, dalam rapat kerja tersebut, Muryanta menyatakan Duta Mall wajib melengkapi beberapa syarat IMB untuk membangun gedung baru. Setelah dipelajari komisi IV, ternyata Duta Mall belum memiliki syarat-syarat yang lengkap untuk IMB gedung baru.

“Artinya Duta Mall melaksanakan pembangunan itu belum mengantongi IMB. Kita tanyakan ke Pak Muryanta kenapa bisa terjadi seperti itu,” katanya.

Deddy menegaskan sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Banjarmasin peruntukkan sekitar bangunan baru Duta Mall itu untuk perumahan dan pemukiman. Artinya, peruntukkan untuk perkumiman dan perumahan malah dijadikan kawasan bisnis oleh Duta Mall.

“Jadi ada dua kesalahan yang terjadi dalam pembangunan gedung baru duta Mall tersebut. Alasan Muryanta, pembangunan gedung baru Duta Mall itu sifatnya investasi sehingga dibiarkan melaksanakan pembangunan gedung Baru Duta Mall,” katanya.
(Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved