Berita Tanahlaut

RSUD Kintap Tanahlaut Bakal Beri Pelayanan dan Pengobatan Gratis Sebelum Resmi Beroperasi

Kabar baik tersebut keluar usai diadakannya sidang penilaian Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD KH Mansyur Kintap, Tanahlaut.

RSUD Kintap Tanahlaut Bakal Beri Pelayanan dan Pengobatan Gratis Sebelum Resmi Beroperasi
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Jalan menuju RS kintap yang masih rusak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kabar gembira bagi warga Kecamatan Kintap Kabupaten Tanahlaut Kalimantan Selatan.

Rumah sakit KH Mansyur Kintap yang bakal dioperasikan pada Minggu ketiga November ini bakal memberikan pelayanan dan pengobatan gratis.

Kabar baik tersebut keluar usai diadakannya sidang penilaian Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD KH Mansyur Kintap.

Pj Sekda Tanahlaut, M Darmin yang juga menjadi ketua tim penilaian BLUD mengatakan selama selama operasionalnya nanti pihak RSUD KH Mansyur akan menggratiskan pasien yang berobat sebelum akreditasi dan kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan dilakukan.

"Sebelum kita bekerjasama dengan BPJS nanti selama enam bulan operasional RS ini dimulai kita gratiskan dulu. Kita buat Perbup nanti namun tidak semua biaya berobat gratis ada penyakit atau penanganan tertentu yang tidak tercover dalam penggratisan layanan itu," jelasnya

Dewan Tapin akan Panggil Perusahaan Kepala Sawit Pertanyakan Realisasi CSR ke Mana Saja

Pasalnya tambahnya RSUD K.H Mansyur tidak bisa langsung bekerjasama dengan BPJS.  Hal itu sesuai dengan peraturan RS harus beroperasional dulu selama enam bulan dan setelah itu baru bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Ia juga mengharapkan agar peningkatan  pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar terus dikembangkan. Terlebih dengan adanya RSUD KH Mansyur Kintap tentu sebutnya memudahkan warga Kintap untuk berobat.

"Kintap ke Pelaihari kan jauh, nah sudah kita dekatkan kepada masyarakat pelayanan dasar yang utama harus kita perjuangkan, kita harap bukan cuma untuk masyarakat Kecamatan Kintap tapi juga bisa dinikmati oleh masyarakat di kabupaten lain," tambahnya.

Ia juga memastikan operasional akan mulai dari minggu ketiga bulan November tahun ini.

"Waktu itu kita sudah bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, semuanya sudah lengkap tenaga medis dan persyaratan lainnya lengkap tingggal menunggu visitasi dari Dinkes Provinsi Kalsel, sedangkan izin ada di DPMPTSP Tala," ujarnya.

Tambah Kadinkes Tanahlaut, Nina Sandra kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (9/11/2019) pelayanan dan pengobatan gratis hanya untuk warga ber KTP Kintap. Sementara warga lain tidak bisa.

25 Contoh Ucapan Selamat Hari Pahlawan 2019 Pada 10 November Besok, Bisa untuk Update Status Sosmed

Terkait pengobatan yang akan digratiskan ia mengatakan bakal dijelaskan oleh bupati.

"Nanti saja sama pak Bupati," tambahnya.

RSUD KH Mansyur resmi menggunakan skema sistem keuangan BLUD karena hasil penilaian dari enam dokumen yang diberikan pihak RSUD KH Mansyur Kintap kepada tim penilai BLUD RSUD KH Mansyur Kintap yang skor hasil penilaiannya adalah 98,6. Sesuai dengan Surat Aturan Menteri Dalam negeri skor tersebut sudah memenuhi karena ambang batasnya sendiri adalah 60. Banjarmasinpost.co.id/ Milna

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved