Kriminalitas Banjar

Curi Kotak Infaq Masjid, Pelaku Ambil Uangnya dan Buang Kotaknya ke Sumur

Kotak infaq Masjid Al Misbahul Muni Desa Tambak Sirang RT 4 sempat hilang, warga langsung melakukan pencarian dan menemukannya sudah berada dalam

Curi Kotak Infaq Masjid, Pelaku Ambil Uangnya dan Buang Kotaknya ke Sumur
polsek gambut
Pelaku berinisial SB (25) dibekuk Polsek Gambut setelah gondol 1 buah kotak infaq di masjid Al Misbahul Muni Desa Tambak Sirang RT. 004, pada Jumat (8/11) sekitar pukul 00.30 wita 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kotak infaq Masjid Al Misbahul Muni Desa Tambak Sirang RT 4 sempat hilang, warga langsung melakukan pencarian dan menemukannya sudah berada dalam sumur tidak jauh dari lokasi.

Uang ratusan ribu dalam kotak telah dicuri.

Pelaku berinisial SB (25) dibekuk Polsek Gambut setelah gondol 1 buah kotak infaq di masjid Al Misbahul Muni Desa Tambak Sirang RT. 004, pada Jumat (8/11) sekitar pukul 00.30 wita.

Kapolsek Gambut, Iptu Jenny Rahman SE mengatakan, pihaknya pada tanggal 7 November mendapat laporan dari masyarakat bahwa kotak infaq di masjid Desa Tambak Sirang telah hilang digondol orang tidak dikenal.

Setelah melakukan pencarian di sekitar masjid, warga menemukan kotak tersebut berada di dalam sebuah sumur yang tidak jauh jaraknya dari tempat hilang.

Ketidaksopanan Betrand Peto ke Teman Istri Ruben Onsu, Sarwendah Harus Minta Maaf pada Tya Ariestya

Saingi Maia Estianty, Mulan Jameela Pamer 2 Piagam Tanda Jasa Pahlawan Milik Mertua Ahmad Dhani

Keterkejutan Keluarga Citra Kirana pada Sikap Rezky Aditya, Pernikahan Eks Agnez Mo Nyaris Gagal

Link sscasn.bkn.go.id - Pendaftaran CPNS 2019 Mulai Senin (11/11) Ini Cara dan Alur Pendaftarannya

"Setelah kami menerima laporan tersebut, anggota Reskrim langsung melakukan penyelidikan di lapangan dan menemukan identitas tersangka," ungkap Jenny.

Setelah dilakukan pengembangan, Anggota Polsek Gambut yang dipimpin oleh Kapolsek Gambut, Iptu Jenny beserta anggotanya langsung melakukan penangkapan SB.

"Saat kami melakukan penangkapan, SB sedang berada di rumahnya yang beralamat di Handil II Pasar Sabtu, Desa Makmur. Dalam penggerebekan tersebut, tersangka tidak melakukan perlawanan dan menyerahkan diri," ujarnya.

Tersangka di hadapan pihak berwajib menerangkan bahwa dirinya mengambil kotak amal tersebut pada Hari Kamis tanggal 31 Oktober sekitar jam 01.00 wita.

"Tersangka saat melakukan aksinya hanya berjalan kaki, kebetulan jarak rumah tersangka dengan TKP hanya 150 meter saja, setelah berhasil mengambil kotak amal tersebut, SB langsung membawanya lari ke areal persawahan dan menyembunyikan di balik tumpukan jerami," beber Jenny.

Sehari setelahnya, ujar Jenny, tersangka kembali ke tempat dimana dia menyimpan kota amal tersebut dan membawa satu buah palu dan satu buah pahat untuk membuka kotak dan mengambil isinya.

"Dari pengakuan tersangka, dirinya mendapati uang di dalam kotak tersebut sebanyak Rp. 400 ribu rupiah dan tersangka masukkan kotak tersebut ke dalam karung dan dilempar ke sumur yang kering agar tidak ada orang yang mengetahuinya," ucapnya.

Dalam kejadian tersebut, SB akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP atau Pencurian dan Pemberatan (Curat).

"Serta kami mengamankan saru buah barang bukti berupa 1 buah kotak amal yang telah dicuri oleh tersangka dan palu serta pahat yang digunakan untuk membongkar paksa kotak amal," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved