Serambi Mekkah

Banjar Raih Award Smart City 2019, Begini Upaya Lanjutan Pemkab Banjar

Apresiasi tersebut bentuk dukungan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah (kabupaten/kota) dalam rangka mengimplementasikan Smart City.

Banjar Raih Award Smart City 2019, Begini Upaya Lanjutan Pemkab Banjar
HO/Humas Pemkab Banjar
AWARD - Menkominfo menyeahkan Award Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Capaian membanggakan kembali menggelinding di Bumi Barakat. Ini ditandai keberhasilan Pemerintah Kabupaten Banjar meraih penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman di Balai Sudirman Jakarta, Rabu (06/11/2019) pekan kemarin.

Bupati Banjar didampingi oleh Sekretaris Daerah HM Hilman ST MT, Kepala Bappelitbang Dr Galuh Tantri Narindra ST MT, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Dr Ir HM Farid Soufian MS, Kepala Dinas Perhubungan HM Aidil Basith, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Eddy Hasby, Kepala Dinas Dukcapil Azwar dan pejabat Pemkab Banjar lainnya.

Apresiasi tersebut bentuk dukungan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah (kabupaten/kota) dalam rangka mengimplementasikan Smart City.

BUPATI Banjar H Khalilurrahman didampingi Ketua Tim TP PKK Bankar Hj Raudathul Wardiyah foto bersama dengan sejumlah pejabat teras Pemkab Banjar
BUPATI Banjar H Khalilurrahman didampingi Ketua Tim TP PKK Bankar Hj Raudathul Wardiyah foto bersama dengan sejumlah pejabat teras Pemkab Banjar (HO/Humas Pemkab Banjar)

Pada program Gerakan Menuju 100 Smart City ini, Kementerian Kominfo, bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PAN dan RB, Kementerian PPN/ Bappenas, Kementerian PUPR, Kantor Staff Presiden, dan Kompas Gramedia

Gerakan Menuju 100 Smart City ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem Smart City.

Implementasi Gerakan ini dilakukan secara bertahap mulai 2017 hingga 2019. Diharapkan ada 100 Kota yang dapat dijadikan teladan (role model) dalam mengimplementasikan Program Smart City. Salah satunya adalah Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan penghargaan tersebut merupakan apresiasi bagi kepala daerah yang tah berkomitmen untuk menyelesaikan tahapan awal Gerakan Menuju 100 Smart City.

Orang nomor satu di Bumi Barakat yang akrab disapa Guru Khalik ini menuturkan di Kabupaten Banjar telah empat kali dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bintek) dalam rangka Smart City. Narasumbernya dari Kementerian Kominfo.

MASTERPLAN - Evaluasi Masterplan dan Quick Win Smart City Kabupaten Banjar
MASTERPLAN - Evaluasi Masterplan dan Quick Win Smart City Kabupaten Banjar (HO/Humas Pemkab Banjar)

“Penghargaan ini akan didedikasikan bagi masyarakat Kabupaten Banjar dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Banjar,” tandas Bupati.

Ia juga mengatakan hal ini adalah awal Kabupaten Banjar mengimplementasikan Smart City. "Kita ingin tiap layanan publik di Kabupaten Banjar menggunakan teknologi informasi dan komunikasi agar memudahkan masyarakat," tegasnya.

Pada tahun 2019 ini, tercatat 25 daerah yang lolos pada Gerakan Menuju 100 Smart City. Kota/kabupaten ini menjadi penutup setelah 75 kota/kabupaten yang telah lulus sejak tahun 2017 hingga 2018. (*/Aol)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved