Berita Banjarmasin

Lusa Malam Pergelaran Wayang Kulit Jawa di Lapangan SKB, Ini Dalang dan Bintang Tamunya

Pergelaran Wayang Kulit yang akan berlangsung semalam suntuk ini akan menghadirkan dalang Ki Mulyono Purwo Wijoyo yang berasal dari Klaten.

Lusa Malam Pergelaran Wayang Kulit Jawa di Lapangan SKB, Ini Dalang dan Bintang Tamunya
ist
Pagelaran Wayang Kulit Ki Mulyono 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Salah satu kesenian tradisional Jawa yakni Wayang Kulit dipastikan Lusa, Rabu (13/11/2019) malam akan dipentaskan di Lapangan SKB Jalan Mulawarman Banjarmasin.

Pergelaran Wayang Kulit yang akan berlangsung semalam suntuk ini akan menghadirkan dalang Ki Mulyono Purwo Wijoyo yang berasal dari Klaten.

Dan pergelaran yang dilaksanakan oleh beberapa organisasi warga Jawa di Kalsel dan dimotori oleh Pakuwojo Kalsel ini mengangkat cerita atau lakon Wahyu Cakraningrat.

Pergelaran Wayang Kulit ini juga akan dimeriahkan dengan kehadiran bintang tamu pasangan yang bergelut di seni suara dan humor (lawak) yang saat ini sedang naik daun, dan pernah tampil di program Hitam Putih bersama Dedy Corbuser, yakni Apri dan Mimin.

Peringati Hari Pahlawan, Bupati HSS Serahkan Tali Asih untuk Pejuang Veteran

Pertunjukan wayang akan dimulai pukul 22.00 hingga pukul 04.00 Wita dengan terlebih dahulu ditampilkan uyon-uyon karawitan Jawa yang dimulai pada pukul 20.00 Wita.

Uyon-uyon adalah istilah dari pementasan lagu-lagu yang di dalam bahasa Jawa disebut dengan gendhing-gendhing Jawa, diiringi karawitan atau alat musik tradisional Jawa berupa seperangkat gamelan.

"Pergelaran Wayang Kulit ini gratis dan terbuka untuk masyarakat umum. Dan ini untuk memperingati Hari Pahlawan dengan menggelar kesenian tradisional dan ini untuk melestarikan kesenian daerah juga. Apalagi Wayang Kulit bukan hanya sebagai warisan Nusantara saja, tapi sudah masuk dalam daftar kebudayaan warisan dunia oleh United Nations Education Science Culture Organization (UNESCO)," ujar Ketua Pakuwojo Kalsel, H Supardi SE MM.

H Supardi menambahkan bahwa pergelaran Wayang Kulit besok malam terbilang sangat dinanti-nantikan oleh orang Jawa yang khususnya tinggal di Kalsel.

Pendaftaran CPNS Dibuka Hari ini, Pemkab Balangan Umumkan Via Laman Web dan Media Sosial

"Pergelaran Wayang Kulit ini sangat dirindukan oleh warga urang Banua kelahiran Jawa yang tinggal di Kalimantan. Harapannya, pertunjukan ini dapat mengobati rasa rindu mereka," jelasnya, Senin (11/11/2019) sore.

Tak kalah menariknya juga, pergelaran Wayang Kulit besok malam juga akan disiarkan secara langsung melalui chanel youtube.

"Pergelaran ini juga akan di-livestreaming Youtube oleh channel Sanggar Cemara, sehingga dapat dinikmati dari seluruh penjuru dunia," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved