Berita Banjarbaru

Raih Adiwiyata Kota Banjarbaru, SMPN 1 Banjarbaru Incar Adiwiyata Tingkat Provinsi

Para siswa SMPN 1 Banjarbaru dan para gurunya terus menjaga kebersihan sekolah dan secara rutin tiap harinya melakukan aksi bersih-bersih sekolah.

Raih Adiwiyata Kota Banjarbaru, SMPN 1 Banjarbaru Incar Adiwiyata Tingkat Provinsi
HO/Humas SMPN 1 Banjarbaru
Para siswa saat melakukan aksi bersih bersih di lingkungan SMPN 1 Banjarbaru. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Para siswa SMPN 1 Banjarbaru dan para gurunya terus menjaga kebersihan sekolah dan secara rutin tiap harinya melakukan aksi bersih-bersih sekolah.

Hasilnya, untuk pertama kalinya SMPN 1 Banjarbaru berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Kota Banjarbaru 2019.

Selanjutnya, pihak sekolah menargetkan pada tahun depan bisa mendapatkan Adiwayat tingkat Provinsi pada 2020 mendatang.

Untuk bisa mencapai itu, pihak sekolah terus meningkatkan kebersihan lingkungan kelas, sekolah dan memenuhi berbagai aspek penilaian yang terus dimaksimalkan.

Kepala SMPN 1 Banjarbaru, Undi Sukarya menegaskan bahwa penghargaan Adiwayata bukan hanya sekedar penilaian, namun juga untuk menanamkan budaya bersih di lingkungan sekolah kepada para siswa dan guru.

Pendaftaran CPNS 2019, Pemko Banjarmasin Sediakan Dua Posisi bagi Penyandang Disabilitas

Pendaftaran CPNS 2019, Pelamar CPNS di Kota Banjarmasin Harus Minimal IPK 2,75, Buka 82 Formasi

"Budaya bersih itu sudah ternaman di siswa-siswi kita. Setiap pagi mereka sudah terbiasa bersih-bersih baik di kelasnya masing-masing maupun lingkungan sekolahnya," katanya, Senin, (11/11).

Selain itu, untuk pengurangan sampah plastik, pihaknya juga menghimbau kepada para siswanya untuk membawa tempat minum sendiri ke sekolah.

"Alhamdulillah, sekolah kita sudah masuk Adiwayata kota. Pencapaian ini adalah hasil kerja keras seluruh unsur sekolah baik itu para siswa, guru, tata usaha, penjaga sekolah dan para komite,"
ujarnya.

Memang, sudah sepantasnya SMPN 1 Banjarbaru meraih penghargaan itu, sebab pembenahan di sektor lingkungan dan kebersihan sekolah sudah dilakukan.

Ada kantin sehat, ada bank sampah, toilet yang bersih hingga penghijauan sekolah. Apalagi, SMPN 1 Banjarbaru, merupakan sekolah tertua di Kota Banjarbaru.

Disebutkannya bahwa hasil ini juga tidak terlepas dari suport dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru yang selalu melakukan pendampingan di sekolah.

Pihaknya masih terus meningkatkan berbagai aspek, yang menjadi penilaian Adiwiyata seperti peningkatan kebersihan lingkungan sekolah, adanya kantin sehat yang memperjualan jajanan sehat, beroperasinya bank sampah, dan terbentuknya tim Adiwiyata Sekolah.

"Selama tiga bulan ini, kami melakukan pembenahan demi memenuhi seluruh aspek tersebut. Alhamdulillah Adiwiyata Kota Banjarbaru sudah berhasil diraih," lanjutnya.

Motor Security Dirampas di Halaman Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Pelaku Dibekuk Warga

Perampas Motor Security Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin Masih Diperiksa Polisi

Pihaknya juga optimis, bisa lolos dalam penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi tahun depan. Kekurangan yang ada akan terus dibenahi sehingga target tahun depan bisa tercapai.

Piagam penghargaan Adiwiyata tingkat Kota Banjarbaru sendiri telah diserahkan Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Banjarbaru belum lama tadi. Penyerahan penghargaan saat peringatan hari Lingkungan Hidup di Kota Banjarbaru. (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved