Banjarbaru Pemenang 2019

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan ikan Hingga Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di Banjarbaru

Kegiatan ini juga dirangkai kegiatan Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Ke- 6 dan Hari Cuci Tangan Sedunia Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional

Sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan ikan Hingga Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di Banjarbaru
HO/Humas Pemko Banjarbaru
Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menghadiri sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan), Senin, (11/11) di SDN 3 Palam Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. 

BANJARMASIN.POST.CO.ID, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menghadiri sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan), Senin, (11/11) di SDN 3 Palam Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.

Kegiatan ini juga dirangkai kegiatan Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Ke 6 dan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional Ke 55 Tahun 2019.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Siti Hamdah mengatakan peringatan hari cuci tangan sedunia adalah kampanye untuk menggalakkan perilaku cuci tangan sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian serta pencegahan penyakit dan penyebaran infeksi yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Ketua TP PKK Banjarbaru menghadiri sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan), Senin, (11/11) di SDN 3 Palam Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.
Ketua TP PKK Banjarbaru menghadiri sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan), Senin, (11/11) di SDN 3 Palam Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka, Banjarbaru. (HO/Humas Pemko Banjarbaru)

Untuk membiasakan diri, mencuci tangan pakai sabun, berarti kita harus mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga untuk hidup sehat sejak dini seiring dengan tema Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019 yaitu “Menciptakan Generasi Sehat Indonesia Unggul”.

"Sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan adalah program nasional yang dicanangkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI mulai 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini," katanya.

Menurutnya, banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat penting dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

"Peringatan Hari Ikan Nasional adalah perayaan yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas," lanjutnya.

Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menyampaikan sosialisasi gemar makan ikan adalah suatu upaya kita untuk meningkatkan kualitas anak-anak kita.

"Semoga kita dapat meningkatkan konsumsi makan ikan di masyarakat, yang tentunya harus dimulai dengan peningkatan konsumsi ikan di keluarga," katanya.

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan istri mencontohkan cara mencuci tangan
Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan istri mencontohkan cara mencuci tangan (HO/Humas Pemko Banjarbaru)

Menurutnya, melalui sosialisasi ini dapat menjelaskan, memberikan informasi tentang pentingnya kita mencuci tangan dengan sabun.

Cuci tangan dengan sabun itu bukan hanya sebelum makan tetapi juga setelah melakukan aktivitas, karena ternyata cuci tangan itu akan banyak menghindarkan dari berbagai penyakit dan penyebaran infeksi yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

"Masalah kesehatan merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang lebih baik," ujarnya.

Pada kesempatan itu Walikota H Nadjmi Adhani dan Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Siti Hamdah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Abu Hanifah mencontohkan gerakan cuci tangan dengan benar dihadapan siswa-siswi (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved