Saraba Kawa

Targetkan 10.000 Pengunjung, Adaro Spectaprenuer 2019 di Expo Tanjung Center Berlangsung Meriah

Adaro Spectaprenuer 2019 ajang pencarian wirausaha berkualitas. Setidaknya ada 1000 wirausaha yang terlibat dalam kegiatan ini di Expo Tanjung Center

HO/Humas Pemkab Tabalong ditandai dengan pemotongan kembang oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani
Pembukaan acara Adaro Spectaprenuer 2019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Meriahnya acara Adaro Spectaprenuer 2019 ajang pencarian wirausaha berkualitas. Setidaknya ada 1000 wirausaha yang terlibat dalam kegiatan ini di Expo Tanjung Center, Senin (11/11/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani beserta Wakil Bupati Mawardi, Presiden Direktur PT Adaro Energy Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT Demitra Karsa Perdana Rudi Deswandi, Direktur Operasional PT Adaro Indonesia Budi Rahman, Kepala Teknik Tambang PT Adaro Indonesia Suhermono,
General Manager External Relations PT Adaro Indonesia Rizki Dartaman, Unsur Forkopimda Tabalong dan wirausaha.

Manager CSR PT Adaro Indonesia Lenni Marlina mengatakan kegiatan ini sebagai sarana kompetisi bisnis dan melakukan pembinaan untuk menjadi wirausaha yang tangguh. Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan expo dengan tema Beraksi Tabalong dimana wirausaha baru yang memasarkan hasil usahanya daribtanggal 11 hingga 16 Nopember mendatang.

"Pada kegiatan ini kami menargetkan bisa didatangi oleh 10.000 pengunjung, pengunjung bisa memberi produk lokal dari UMKM," ujarnya.

Peserta UMKM yang mengikuti stand berjulam 150 UMKM, 20 dari alumni bisaan dan 80 wirausaha baru dan nantinya akan terpilih 13 UMKM unggul yang akan mendapatkan pembinaan Rp 100 juta. "Dari penjualan para UMKM diperkirakan akan mendapatkan omset sebesar Rp 250 juta dari pengunjung," ujarnya.

Lenni menambahkan dengan mengembangkan jasa lokal diharapkan menjadi pendorong dalam menciptakan lapangan kerja dan kemandirian ekonomi.

Presiden Direktur PT Adaro Energy Garibaldi Thohir dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah menghadapi massa pasca tambang. Dirinya yang telah lebih dulu menggeluti bisnis juga memberikan motivasi kepada wirausaha muda untuk memiliki karakter unggul menjaga nama baik produk, menjadi pribadi yang ulet pantang menyerah disiplin.

Garibaldi Thohir yang lebih dikenal dengan Boy Thohir menambahkan untuk menjadi wirausaha sukses adalah menjalani setiap tahap dan sabar dalam setiap prosesnya, serta memajukan produk di daerah dengan mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah. Serta penguasaan teknologi karena perlu mengikuti zaman.

"Untuk menjadi pengusaha sukses kunci utama adalah berbakti kepada ibu, meminta doa dan ridho dari orangtua," ujarnya.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pembacaan ikrar yang mewakili 1000 wirausaha baru yang salahsatunya adalah mengembangkan dan menggunakan produk lokal. Acara dibuka dengan pemotongan tumpeng dan pita yang dilanjutkan dengan melihat stand milik UMKM.

Terpisah Bupati Tabalong Anang Syakhfiani memberikan apresiasi kepada PT Adaro Indonesia yang memberikan dukungan secara langsung dalam menciptakan wirausaha baru.

Pemerintah DaerahbTabalongbtelah berhasil menciptakan 6.450 wirausaha baru dan tenaga terampil daribtarget 5000. Dan lima tahun kedepan menargetkan 10.000 wirausaha baru dan tenaga terampil.

"Hal ini sekaligus mempersiapkan diri dalam menyambut pemindahan ibukota ke kalimantan Timur," ujarnya. (Nia/*)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved