Mistis Dibalik Goa Liang Bangkai

Tidak Sengaja Ditemukan, Ada Fosil Manusia Tergeletak di Goa Liang Bangkai

Berada di Desa Dukuhrejo, Kecamatan Mentewe Tanahbumbu. Gua Liang Bangkai berjarak puluhan kilometer dari ibu kota kabupaten, tidak hanya menjadi

Tidak Sengaja Ditemukan, Ada Fosil Manusia Tergeletak di Goa Liang Bangkai
Banjarmasinpost.co.id/Helriansyah
Goa Liang Bangkai di Desa Dukuhrejo, Kecamatan Mentewe Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Berada di Desa Dukuhrejo, Kecamatan Mentewe Tanahbumbu. Gua Liang Bangkai berjarak puluhan kilometer dari ibu kota kabupaten, tidak hanya menjadi obyek wisata karena keunikannya.

Dijadikan destinasi wisata oleh Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata (Disporapar), Goang Liangkai selain menyimpan cerita sejarah kehidupan manusia di masa lampau. Seperti adanya penemuan fosil manusia.

Goang Liang Bangkai, berbentuk berupa gunung itu ternyata banyak menyimpan cerita mistis. Konon dari cerita warga, Goa Liang Bangkai tempat dihuni oleh makluk tidak kasab mata.

Penampakan Kuburan Mirna, Korban Kopi Sianida Jessica Wongso Kini, Hotman Paris Bongkar Fakta Ini

Reaksi Aurel Hermansyah Soal Postingan Selingkuh Suami Krisdayanti, Malah Sebut Adik Yuni Shara

Jadwal & Link Live Steaming Liga 1 2019 Hari Ini, Persija Vs Borneo FC dan Persipura Vs Bali United

"Menyimpang cerita mistis, ya mungkin berhubungan Liang Bangkai. Karena memang di salah-satu goa ditemukan rangka (bangkai) berbentuk fosil," jelas Guntur warga setempat.

Menurut Guntur yang juga salah-satu yang pertama menemukan keberadaan Goa Liang Bangkai berada di Desa Dukuhrejo, Kecamatan Mentewe.

"Saya waktu itu (2004) adalah warga pendatang (transmigrasi). Saat itu di tempat ini memang sudah ada lahan terkapling-kapling, mungkin waktu itu lahan usaha," jelas Guntur.

Bersamaan kala itu, Guntur mengakui sempat takjub ketika melihat beberapa gunung terdapat mulut goa.

"Saya waktu itu sempat berpikir. Ini (goa) luar biasa. Pikiran saya goa bisa mendatangkan rezki lah," kata Guntur yang juga anggota dari Kelompok. Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Liang Bangkai.

Hanya waktu itu keberadaan Goa Liang Bangkai belum ditetapkan sebagai destinasi wisata, lantaran ketidak tersediaan akses jalan memadai.

Seiring waktu berjalan, dibentuklah kelompok wisata sebelum mendapat bimbingan teknis dari dinas terkait.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved