Indah dan Misteri di Aranio

Cerita Seram Dusun Tak Berpenghuni di Tengah Hutan Kecamatan Aranio, Tersisa Tiga Rumah dan 1 Masjid

Dusun anawit berposisi di Desa Artain di Kecamatan Aranio dan berada di waduk Riam Kanan dan termasuk dalam kawasan Tahura Sultan Adam.

Cerita Seram Dusun Tak Berpenghuni di Tengah Hutan Kecamatan Aranio, Tersisa Tiga Rumah dan 1 Masjid
HO/Tahura Sultan Adam
Dusun anawit berposisi di Desa Artain di Kecamatan Aranio dan berada di waduk Riam Kanan dan termasuk dalam kawasan Tahura Sultan Adam, banyak memiliki tempat tempat wisata. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Terletak di Kecamatan Aranio, Nama Dusun Anawit memang terdengar asing. Namun dusun ini punya cerita silam, seakan seram karena tak berpenghuni dan hanya menyisakan rumah kosong dan masjid.

Dusun anawit berposisi di Desa Artain di Kecamatan Aranio dan berada di waduk Riam Kanan dan termasuk dalam kawasan Tahura Sultan Adam, banyak memiliki tempat tempat wisata.

Dusun ini pada tahun 2010/2011 ditinggalkan warganya karena dilanda banjir besar ke perkampungan desa Artain. Di dusun Anawit atau Teluk Dalam ini kini meninggalkan sisa tiga buah rumah dan satu buah masjid.

Salah seorang warga desa Artain, Hasan, yang lahir dan di besarkan di Anawit menceritakan, pada tahun 2010 lalu memang pernah terjadi banjir yang cukup besar dan dusun ini hampir tenggelam.

Sebelum Mancing, Ada Ritual Simpan Telur Ayam di Tepian Telaga Pahiyangan Aranio

Legenda Pertapaan Naga Berkepala Delapan Dihiasi Air Terjun Eksotis di Bukit Pahiyangan Aranio

“Saya sangat sedih melihat dusun ini. Di sana tempat saya bermain pada masa kecil. Dulu banyak rumah, namun warga membongkar dan pindah ke Artain,” ujarnya.

Selain rumah juga tinggal tersisa masjid. Baik rumah maupun masjid tampak kusam karena bangunan lama, tanpa penghuni.

Masjid tersebut masih berdiri kokoh, namun tidak terpelihara. Di sekitar masjid yang berada di tengah hutan ini banyak terdapat banyak pohon buah buahan, seperti durian, kasturi, ramania, dan jenis buah hutan lainnya. Dusun Anawit yang berjarak sekitar 20 kilometer dari desa Artain juga memiliki riam yang bersih dan indah.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved