Berita Jakarta

Pengamat Ini Prediksi Anies Baswedan Masuk Daftar Calon yang Berpotensi Maju Pilpres 2024

Partai Nasdem lebih condong merangkul Anies lantaran DKI 1 itu sudah datang dan diundang dalam Kongres II Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran Jumat lalu

Pengamat Ini Prediksi Anies Baswedan Masuk Daftar Calon yang Berpotensi Maju Pilpres 2024
(KOMPAS.com/RYANA ARYADITA UMASUGI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, di Gedung DPP Partai Nasdem, Rabu (24/7/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Hadir di Kongres II Partai Nasdem, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diprediksi menjadi figur yang bakal maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Namun, hingga kini Anies belum memutuskan untuk berlabuh ke partai politik yang mana.

Di satu sisi, Partai Nasdem lebih condong merangkul Anies lantaran DKI 1 itu sudah datang dan diundang dalam Kongres II Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran pada Jumat lalu.

Hal ini dinilai bisa jadi momentum membawa Anies kembali ke lingkungan Nasdem.

"Apalagi pertarungan di 2024 cukup terbuka, tidak ada partai dan figur yang relatif mendominasi panggung politik. Ini nah diantara figur-figur yang diprediksi akan potensial maju ada nama Anies Baswedan," ucap ucap pengamat politik Adi Prayitno kepada Kompas.com, Senin (11/11/2019).

"Wajar kemudian Nasdem yang secara terbuka memang membidik itu, kedua memang Anies Baswedan suka enggak suka memiliki darah ideologis Nasdem," tambah Adi.

Partai NasDem Kecewa Jokowi Tak Datang saat Kongres, Patrice Rio Capella Heran Anies Baswedan Pidato

Usulkan Nama Suami Mulan Jameela Ahmad Dhani Jadi Wagub DKI Dampingi Anies, Gerindra Tunggu Prabowo

Meme Joker Viral, Anies Sebut Penghinanya Tak Memiliki Kehormatan, Ini Klarifikasi Ade Armando

Lanjut Adi, selain Anies Baswedan ada tokoh-tokoh lain yang digadang-gadang akan menjadi sosok potensial pada pemilu 2024.

Tokoh-tokoh itu berasal dari kepala daerah yang ada di beberapa kawasan di Indonesia.

"Selain Anies Baswedan kan ada kepala daerah yang paling banyak dibicarakan orang terlepas dari pro dan kontranya Pak Anies, seperti di luar ada Ganjar, Risma dan Ridwan Kamil," kata Adi.

Seperti diketahui Nasdem justru mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memberi sambutan sekaligus membuka kongres.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya sebelumnya mengatakan, Anies diundang selaku Gubernur DKI Jakarta dan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta kongres dari Sabang sampai Merauke.

Anies juga diundang dalam kongres karena ia "orang dalam" yang tidak asing untuk Nasdem.

"Anies itu pembaca manifesto Nasional Demokrat (saat Partai Nasdem masih menjadi ormas). Anies bukan orang asing, anies itu orang dalam di Nasdem," kata dia

Penulis Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar/Kompas

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengamat: Anies Masuk Daftar Calon yang Berpotensi Maju Pilpres 2024 ",

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved